Marak Perkosaan, India Jamin Keselamatan Turis Asing

Taj Mahal, bangunan ikonik di India.
Sumber :
  • REUTERS/Philippe Wojazer/POOL

VIVA.co.id - Wakil Duta Besar India untuk Indonesia, Manish, mengimbau agar turis internasional tidak takut dengan isu yang mengatakan India adalah negara yang tidak aman bagi kaum perempuan karena banyaknya kasus pemerkosaan. Hal itu disampaikannya usai membuka acara promosi pariwisata India di Jakarta, Rabu, 2 Maret 2016.

Selfie di Depan Singa, Denda Rp3 Juta
"Memang ada masalah, tapi kami sudah menyorot masalah tersebut dan sudah ada langkah-langkah yang diambil. India adalah negara yang aman dan pastinya negara kami menjamin hal itu (keselamatan Turis)," kata Manish.
 
Belum Bayar Utang Rp30 Ribu, Suami Istri Dibunuh
Manish menjelaskan, India memberikan banyak kemudahan bagi turis asing dengan mempermudah proses pengajuan visa. Bahkan dia mengklaim, tidak ada negara di dunia ini yang memberikan visa dalam waktu sangat cepat kecuali India.
 
Korban Ledakan di India Jadi 100 Orang
"Kami berikan visa dalam waktu satu hari saja. Kami berusaha sebisa mungkin memberikan visa dalam satu hari, terutama untuk visa turis, sehingga pasti lebih mudah," ujar Manish.
 
Disampaikannya, India kini memiliki sistem visa online. Pengguna cukup mengisi data diri di dua halaman saja dan melaporkannya ke kedutaan. Yang dibutuhkan, kata dia, hanya fotokopi tiket pesawat dan nomor booking hotel dan dokumen pelengkap.
 
"Jika anda tidak mau datang ke kedutaan untuk membayar visa, anda bisa bayar via online dengan e-tourist visa," ucap dia. (ase)
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya