Menlu Akan Resmikan Kantor Konsul Kehormatan di Ramallah

Menlu Palestina Riad Al Malik dan Menlu RI Retno LP Marsudi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Arrmanatha Nassir mengatakan, pada 13 Maret 2016, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, akan bertandang ke ke Ramallah, Palestina. Menlu akan meresmikan pembukaan Kantor Konsul Kehormatan serta mengangkat Konsul Kehormatan.

Dewan Keamanan PBB yang Gagal dalam Menjamin Perdamaian Dunia

"Konsul yang terpilih adalah Ibu Maha Abu-Shusheh dan tanggal 13 Maret Menlu Retno akan ke Ramallah untuk melakukan pengangkatan. Maha Abu merupakan salah satu pengusaha terkenal di Palestina. Dia salah satu dari 100 orang yang paling berpengaruh di Timur Tengah," kata Arrmanatha di Kemlu RI, Jakarta, Kamis, 10 Maret 2016.

Menurut dia, ini adalah kantor dan konsul kehormatan pertama yang dimiliki Indonesia di Ramallah. Konsul kehormatan bertugas untuk memastikan peningkatan kerja sama ekonomi, sosial budaya, investasi, pariwisata dan perlindungan WNI.

Arrmanatha menjelaskan, hal tersebut juga dibebankan kepada Abu mengingat banyaknya WNI yang mengunjungi Ramallah setiap tahunnya.

"Walaupun jumlah WNI di Ramallah cuma delapan orang. Namun, setiap tahun ada sekitar 50 ribu yang berwisata ke sana. Pembukaan kantor ini merupakan komitmen mengenai hubungan diplomatik Indonesia kepada Palestina."

Kegagalan Hukum Internasional dalam Menghadapi Kejahatan Perang Israel

(mus)

Ilustrasi Boikot Produk Israel. Sumber: Flickr.com

Antara Dukungan dan Keberlanjutan Ekonomi Lokal

Konflik di Gaza, mengundang respons dari berbagai masyarakat Indonesia dengan melakukan boikot terhadap produk yang terhubung dengan Israel.

img_title
VIVA.co.id
24 November 2023