Langka, 'Anak Kembar' Lahir dari Ayah yang Beda

Ilustrasi bayi di rumah sakit
Sumber :
  • iamforkids.org

VIVA.co.id – Sepasang anak kembar di Vietnam ternyata berasal dari ayah yang beda. Hasil tersebut ditemukan oleh seorang profesor yang melakukan tes DNA dua bayi tersebut.

Unik, Desa dengan 61 Pasang Anak Kembar

Penelitian dilakukan karena begitu banyaknya perbedaan yang mencolok pada dua anak tersebut. "Laboratorium Pusat Analisa Genetik dan Teknologi kami telah melakukan serangkaian tes, dan menemukan mereka adalah anak kembar dari ayah yang berbeda," komentar Le Dinh Luong, Ketua Asosiasi Genetik Vietnam, seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis 10 Maret 2016.

"Ini bukan hanya jarang terjadi di Vietnam, namun juga di seluruh dunia," kata Loung. Kembar ini memiliki ayah yang berbeda, namun tetap satu ibu.

Tak Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih, Ganjar: Tidak Dapat Undangan

Menurut Loung, hal ini bisa terjadi jika dua telur dari ibu yang sama dibuahi oleh sperma dari laki-laki yang berbeda, selama periode ovulasi yang sama, meski periode tindakan seksualnya berbeda.

Mengutip dari media lokal Tuoi Tre, ayah anak tersebut meminta pihak lab untuk melakukan tes pada anak-anak tersebut, untuk meyakinkan, apakah ia memang ayah biologis dari anak-anak tersebut.

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

Keluarga pria tersebut terus mendesak agar ia melakukan tes DNA karena salah satu anak tersebut terlihat sangat berbeda dengan bayi lainnya. Berdasarkan hasil tes tersebut, sang ayah hanya memiliki hubungan darah dengan salah satu bayi tersebut.

Kedua anak yang telah berusia dua tahun tersebut terlahir dengan jenis kelamin yang sama, lahir pada hari yang sama, dan hanya selisih beberapa jam. Kini keduanya berusia dua tahun, namun perbedaannya sangat mencolok. Satu anak memiliki rambut yang tebal bergelombang, sementara anak yang lain memiliki rambut yang lurus dan tipis.

Kasus serupa juga pernah terjadi di Amerika Serikat tahun lalu. Pengadilan AS memerintahkan seorang pria untuk membiayai hanya satu anak setelah tes DNA membuktikan, ia tak memiliki hubungan genetik dengan anak yang satunya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya