Pasca Bom, Bandara Zaventem Brussels Memulai Perbaikan

Militer Belgia sedang berjaga di Bandara Internasional Zaventem.
Sumber :
  • REUTERS/Charles Platiau

VIVA.co.id – Pihak berwenang yang mengelola bandara Zaventem di Brussels, Belgia, mengatakan akan segera melakukan uji coba untuk kembali mengoperasionalkan bandara tersebut. Mereka telah melakukan sejumlah perbaikan pasca insiden serangan bom bunuh diri yang terjadi pekan lalu.

Mal di Belgia Diberondong Tembakan

Satu demi satu sistem bandara kembali diperbaiki. Percobaan terhadap sistem pencegahan kebakaran akan dilakukan pada hari Selasa besok, 29 Maret 2016..

"Untuk uji coba arus penumpang, pada hari Selasa bandara akan melibatkan 80 staf untuk melakukan uji coba pengaturan sementara dan infrastruktur untuk prosedur check-in," kata otoritas bandara seperti dilansir dari laman Channel News Asia, Senin, 28 Maret 2016.

Polisi Belgia Tangkap 15 Orang Terduga Teroris

Kendati demikian, pihak bandara belum menjelaskan kapan mereka akan membuka kembali bandara secara normal, mengingat masih banyak perbaikan infrastruktur yang harus dilakukan termasuk melihat skenario yang dirancang sebagai simulasi dimulainya kembali aktivitas.

"Percobaan parsial itu belum tentu bisa dilakukan dalam waktu dekat," kata bandara.

Polisi Belgia Tangkap 5 Orang Terkait Insiden Ledakan

Dua pembom bunuh diri meledakkan diri mereka di ruang keberangkatan bandara Zaventem, pada hari Selasa, 22 Maret 2016, dan tak lama kemudian pelaku bom bunuh diri lain menjalankan aksinya di stasiun metro Maelbeek, Brusells. Akibat serangan ini 31 tewas dan ratusan lainnya luka-luka. Akibatnya, pihak bandara memindahkan penerbangan semua maskapai ke bandara regional dan negara tetangga seperti Belanda dan Jerman.

Ilustrasi Polisi khusus Belgia tangkap sejumlah terduga teroris di Brussels

Dua Polisi Wanita di Belgia Tewas Ditikam dan Ditembak

Terduga pelaku baru keluar dari penjara.

img_title
VIVA.co.id
30 Mei 2018