Pelaku Genosida Rwanda Dihukum Seumur Hidup

VIVAnews - Pengadilan Pidana Internasional untuk Rwanda (ICTR) menjatuhkan hukuman seumur hidup kepada mantan gubernur Kigali, Tharcisse Renzaho. Renzaho dinyatakan bersalah melakukan genosida, kejahatan kemanusiaan, dan kejahatan perang.

Putusan ini dikeluarkan di Arusha, Tanzania, Selasa 14 Juli 2009. Pengadilan ini berada di bawah kewenangan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Laman stasiun televisi CNN memberitakan bahwa Renzano merupakan gubernur Kigali, ibukota Rwanda sekaligus kolonel Angkatan Bersenjata Rwanda pada 1994. Tahun itu, kejahatan genosida terjadi atas etnis Tutsi oleh etnis Hutu. Selama seratus hari, lebih dari 800.000 orang tewas.

Pengadilan menyatakan Renzaho memerintahkan tentara, polisi, dan milisi untuk melakukan pemeriksaan di jalanan. Mereka lalu akan mengeksekusi setiap orang keturunan Tutsi. Renzaho juga memerintahkan penyaluran senjata untuk membunuh orang Tutsi.

Mantan gubernur ini memberikan pertimbangan untuk memilih 40 warga Tutsi yang akan dibunuh di sebuah kamp pengungsian. Renzaho juga terlibat dalam serangan ke gereja Sainte Famille. Lebih dari 100 warga Tutsi tewas dalam kejadian itu.

Peristiwa genosida ini berakhir saat presiden Paul Kagame yang didukung milisi Tutsi berhasil menggulingkan pemerintahan Hutu yang menyokong pembunuhan massal.

Selama pengadilan, Renzaho yang ditangkap di Kongo pada September 2002 ini menyatakan diri tidak bersalah. Dia mengaku tidak memiliki hubungan dengan kelompok milisi Hutu. Pengacara Renzaho mengatakan kliennya merupakan korban politik Rwanda.

Putusan ICTR terhadap Renzaho merupakan putusan ketiga berkaitan dengan genosida Rwanda. Sebelumnya, mantan pejabat militer Emmanuel Rukundo dijatuhi hukuman 25 tahun penjara dengan tuduhan genosida dan kejahatan kemanusiaan.

Hukuman 30 tahun penjara dijatuhkan kepada mantan pegawai pemerintahan, Callixte Kalimanzira. Kalimanzira terbukti berpartisipasi dalam sejumlah pembantaian warga Tutsi dan menganjurkan kejahatan lain kepada mereka.

Hakim MK Singgung Sirekap KPU di Sidang Sengketa Pileg 2024: Alat Bantu Malah Mengacaukan
Pemain Timnas Guinea di Piala Afrika U23

Kaba Diawara Siapkan 19 Pemain Terbaik Guinea untuk Jegal Timnas Indonesia ke Olimpiade 2024

Pelatih Guinea U23, Kaba Diawara telah memanggil sebanyak 19 pemain untuk menghadapi Timnas Indonesia dalam babak playoff memperebutkan tiket Olimpiade 2024 di Kamis 8/5.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024