Bebas Visa Schengen untuk WNI Masih Dikaji Uni Eropa

Ilustrasi VISA.
Sumber :
  • internship-turnkey.com

VIVA.co.id – Warga negara Indonesia sepertinya masih harus menunggu lama agar bisa mendapatkan bebas visa Schengen untuk melancong ke negara-negara anggota Uni Eropa (UE). Pasalnya, hingga saat ini, pemberian fasilitas bebas visa Schengen bagi warga Indonesia masih dalam tahap pembahasan oleh seluruh negara UE.

Aneh, Eropa Timur Diselimuti Salju Oranye

"UE kan bukan hanya satu negara, harus ada pembahasan dengan semua negara. Saat ini, sudah ada kemajuan, seperti negara Belanda dan Inggris yang sudah memberikan bebas visa diplomatik. Itu merupakan langkah maju," kata Arrmanatha Nasir, Juru Bicara Kemenlu, Kamis, 7 April 2016.

Saat ini, Komisi Eropa sudah memasukkan Indonesia di daftar Negara yang diusulkan untuk dikaji (assessment) oleh Dewan Eropa. Usulan ini diperkirakan akan disampaikan ke Dewan Eropa pada awal 2016.  

Cara Eropa Pacu Keterampilan SDM Indonesia

Besok, 8 April 2016, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, akan menerima kunjungan High Representative of the Union for Foreign Affairs and Security Policy/ Wakil Presiden The European Commission, Federica Mogherini. Usai pertemuan, keduanya akan bersama-sama melakukan join press statement mengenai isu-isu bilateral yang dibicarakan.

 Indonesia-Visegard Business Forum 2019

RI Dorong Pebisnis Tingkatkan Interaksi dengan Eropa Tengah

Sambut baik arus investasi langsung dari negara-negara V4 ke RI.

img_title
VIVA.co.id
17 Oktober 2019