Thailand Investigasi 16 Nama Terkait Panama Papers

Ilustrasi pria eksekutif
Sumber :
  • http://www.abc.net.au/

VIVA.co.id - Thailand kini tengah menyelidiki 16 nama warganya yang tersebut dalam Panama Papers. Diantara mereka termasuk politisi aktif, mantan politisi, dan orang-orang penting dalam dunia bisnis.

Skandal Panama Papers Dibuat Film, Ini Bintangnya

Menurut kantor berita Reuters, Jumat 8 April 2016,  seorang pejabat tinggi dari Lembaga Negara Anti-Pencucian Uang (AMLO) mengatakan penyelidikan atas adanya dugaan pencucian uang saat ini sedang berada dalam tahap awal, dan sejauh ini pihak berwenang Thailand tidak menemukan bukti kesalahan.

"Kami saat ini tengah dalam pemeriksaan awal, dan sejauh ini belum ditemukan adanya kesalahan," kata Seehanat Prayoonrat, Sekjen AMLO, Jumat 8 April 2016. Seehanat juga mengatakan, ia tidak tahu jika ada anggota pemerintah militer Thailand yang berada dalam daftar.

PM Pakistan Diminta Mundur

Pihak pemerintah Thailand juga tengah berupaya bekerja sama dengan lembaga anti pencucian uang Panama, dan tidak akan merilis nama-nama individu yang namanya termasuk dalam kebocoran dokumen tersebut, sampai ada verifikasi oleh pihak berwenang.

Bocornya dokumen milik  firma hukum Mossack Fonseca yang berkantor di Panama pada Minggu, 3 April 2015, mengguncang dunia. Dalam dokumen tersebut disebutkan nama perusahaan dan perorangan yang menjadi klien Mossack Fonseca dan memiliki perusahaan bebas pajak di luar negeri.

PPATK Akan Buka Lagi Kasus Panama Papers

Sejumlah pemimpin negara, pemain bola terkenal, hingga tokoh politik dari seluruh dunia tercantum dalam dokumen setebal 11 juta halaman itu.

Laporan : Dinia Adrianjara

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya