Di Kanada, Angka Percobaan Bunuh Diri Meningkat Pesat

Ilustrasi korban penganiayaan.
Sumber :

VIVA.co.id – Hanya dalam satu hari, 11 warga Kanada dilaporkan melakukan upaya bunuh diri. Ini adalah salah satu percobaan bunuh diri terbesar yang pernah dilaporkan. Sebelumnya, negara ini juga melaporkan adanya 28 kasus percobaan bunuh diri selama Maret 2016.

15-06-1846: Perbatasan AS-Kanada Disepakati

Menurut pejabat berwenang, sejak September lalu, pemerintah Kanada menerima laporan terjadi 100 kasus percobaan bunuh diri dan satu orang meninggal dunia. Dilansir dari BBC, Selasa 12 April 2016, kebanyakan upaya tersebut dilakukan oleh suku asli Kanada. 

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyampaikan keprihatinannya. "Berita ini sangat memilukan. Kami akan terus bekerja untuk memperbaiki kondisi hidup untuk semua penduduk asli," ujar Trudeau.

PM Kanada Sambut Ramadan dengan Ikut Buka Bersama

Meski Trudeau sudah menyampaikan komentarnya, namun Parlemen Kanada meminta Trudeau lebih serius menangani. "Ini adalah krisis sistemik yang memengaruhi masyarakat. Tidak ada tanggapan, atau respons serius dari pemerintah," kata Charlie Angus, anggota parlemen Kanada.

The Attawapiskat First Nation di Ontario, sebuah komunitas adat di Kanada Utara, mengumumkan situasi keadaan darurat. Bruce Shisheesh, kepala komunitas Attawapiskat First Nation, mengatakan, laporan 11 orang yang berusaha untuk membunuh diri pada Sabtu 9 April, membuat mereka terkejut.

Duterte Minta Maaf ke Kanada Atas Kekejaman Abu Sayyaf

Melalui media sosial, ia mengatakan, Otoritas Kesehatan Weeneebayko telah menugaskan tim krisis, perawat khusus kesehatan mental dan pekerja sosial, serta menunggu Menteri Kesehatan Ontario untuk mengirimkan tambahan petugas darurat ke daerah tersebut.

Media lokal menyampaikan, pemerintah First Nations (penduduk asli Kanada) mengirimkan unit respons krisis bagi masyarakat, setelah deklarasi darurat tersebut. Sementara itu, Agen Federal Kesehatan Kanada memberikan sebuah pernyataan, di mana pihaknya mengirimkan dua konselor kesehatan sebagai bagian dari unit gabungan itu.

Komunitas penduduk asli lainnya di Maritoba, mengatakan adanya enam kasus bunuh diri pada bulan lalu dan 140 percobaan bunuh diri dalam waktu dua minggu.

Kanada merupakan negara, di mana sekitar 1,4 juta masyarakat hidup dalam tingkat kemiskinan yang tinggi, serta harapan hidup yang berada di bawah rata-rata. Studi yang dilakukan oleh Health Canada menyimpulkan, bunuh diri dan percobaan melukai diri sendiri adalah salah satu penyebab utama kematian di kalangan First Nations, bangsa Metis dan masyarakat Inuit. Karena itu, Kepala Majelis First Nations, Perry Bellagarde menyerukan dilakukannya strategi nasional untuk memerangi hal tersebut.

"Dukungan pendekatan bagi masyarakat sangat penting, dan #FirstNations mendorong adanya strategi nasional tentang kesehatan mental," tulis Bellagarde di akun Twitternya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya