Malaysia : Tuduhan Korupsi 1MDB Tak Cukup Bukti

Papan reklame 1MDB di Kuala Lumpur, Ibu kota Malaysia.
Sumber :
  • Reuters/Olivia Harris

VIVA.co.id –  Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, Datuk Seri Zahrain Mohamed menyatakan lembaga 1Malaysia Development Berhad, atau 1MDB dijadikan sebagai alat politik untuk menjatuhkan pemerintahan yang ada.

Giliran Istri Najib Razak Diperiksa Lagi Komisi Anti Korupsi Malaysia

"Isu ini bukan lagi soal ekonomi, atau isu untung-rugi, melainkan dijadikan isu politik untuk menjatuhkan pemerintahan Malaysia yang dipilih secara legal," kata Dubes Zahrain, di Kedubes Malaysia, Selasa 12 April 2016.

Nama 1MDB santer disebut terkait isu yang melibatkan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. Menurut Dubes Zahrain, semua dokumen terkait 1MDB yang diminta untuk dilakukan pemeriksaan dibuka untuk publik dan tidak ada yang ditutup-tutupi.

Istri Najib Razak Digugat Perusahaan Lebanon atas 44 Perhiasan

"Memang 1MDB ada kelemahan, namun tidak ada tuduhan penipuan, atau penyelewengan yang dapat dibuktikan. Jika terbukti ada penyelewengan, akan diproses ke mahkamah dan ditindak sesuai undang-undang," tambah Datuk Zahrain.

Ia juga mengatakan, semua tuduhan yang dilemparkan kepada PM Najib dan 1MDB tidak adil. Namunm semua itu harus dibuktikan melalui data-data yang mendukung.

Kasusnya Naik ke Pengadilan, Najib Razak Masih Tak Merasa Bersalah

Terkait anggota Board of Direction 1MDB yang mengundurkan diri, Datuk Zahrain menilai langkah tersebut, bukan tindakan yang menunjukkan bahwa mereka bersalah. Namun, sebagai bentuk tanggung jawab dan mengikuti etika.

Laporan : Dinia Adrianjara

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya