13-04-1918: Jerman Kuasai Finlandia dari Tangan Bolshevik

Perang Sipil Finlandia
Sumber :
  • en.wikipedia.org

VIVA.co.id - Hari ini, 98 tahun lalu, tentara Jerman merebut kendali Helsinki, Ibu Kota Finlandia dari tangan Red Guard, pasukan pendukung Finlandia dukungan Bolshevik Rusia. Hal ini merupakan bagian dari dukungan Jerman terhadap Finlandia dan pemerintahan parlementer yang baru.

Menteri Jerman: Pemakaian Burkini di Sekolah Harus Diizinkan

Mengutip situs History, Finlandia yang berada di bawah kendali Rusia sejak 1809 mengambil kesempatan dari pergolakan di Rusia pada 1917 untuk menyatakan kemerdekaan pada Desember tahun itu.

Namun, konflik pecah antara kelompok radikal Finlandia dengan kelompok anti sosialis di dalam tubuh pemerintahan.

Mendagri Baru Jerman: Islam 'Tidak Punya' Tempat di Jerman
Pada akhir Januari 1918, kelompok Red Guard (radikal sosialis) meluncurkan pemberontakan, meneror dan membunuh warga sipil dalam upaya mereka untuk memicu revolusi.

Wanita Sadis, Tiap Melahirkan Masukkan Bayinya ke Freezer
Perjuangan harus dijalani oleh pasukan pemerintah (dikenal dengan nama Whites) di bawah komando Baron Karl Gustav Mannerheim yang berusaha untuk mengusir Red Guard dari Finlandia.

Melihat pergolakan di Finlandia, Jerman akhirnya mengirim pasukan atas perintah Kaisar Wilhelm II dan mendarat di Finlandia untuk membantu tentara Whites.

Sepuluh hari kemudian, Jerman menguasai Helsinki bersama Mannerheim dan pasukannya sebanyak 16 ribu personel. Kemenangan besar kemudian dicapai Jerman dan Finlandia pada 7 Mei 1918 yang juga berarti mengakhiri Perang Sipil Finlandia.

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya