15-4-1912: Titanic Tenggelam

Peristiwa Kapal Titanic tenggelam.
Sumber :
  • www.youtube.com

VIVA.co.id - Hari ini, 104 tahun silam, kapal pesiar mewah asal Inggris, Titanic, tenggelam ke dasar Samudera Atlantik Utara sekitar 400 mil dari Newfoundland, Kanada. Kapal besar yang mampu menampung 2.200 penumpang dan awak itu menabrak sebuah gunung es di tengah laut.

Dilansir dari situs History, Titanic yang dianggap sebagai kapal tercepat dan terkuat di dunia saat itu mulai berlayar pada 10 April melintasi Samudera Pasifik.

Setelah bersandar di Cherbourg, Prancis dan Queenstown, Irlandia untuk mengambil beberapa penumpang akhir, kapal ini kemudian berangkat dengan kecepatan penuh menuju New York, Amerika Serikat.

Namun, pada 14 April tengah malam, Titanic gagal untuk mengalihkan jalurnya dari gunung es dan memecahkan setidaknya lima lambung kompartemen.

Kompartemen ini terisi penuh dengan air dan menyebabkan tertariknya kapal ke dalam lautan sehingga tenggelam. Tak kuat menahan beban yang ada, Titanic kemudian patah menjadi dua bagian dan segera tenggelam ke dasar laut yang sangat dingin.

Karena kekurangan sekoci dan prosedur darurat, lebih dari 1.500 orang akhirnya terjun dari kapal dan mayoritas mati beku di perairan Atlantik Utara.

Salah Mengira Kuil sebagai Masjid, Diplomat Inggris Dikecam

Sisanya yang 700 orang selamat karena menggunakan sekoci. Setengahnya merupakan perempuan dan anak-anak.

Tokoh terkenal yang ikut tewas antara lain wartawan Inggris William Thomas Stead dan pewaris kekayaan Straus, Astor, dan Guggenheim.

Selama 80 menit menyaksikan Titanic tenggelam, lalu datanglah kapal Cunard Carpathia untuk membawa survivor dari sekoci dan menarik mereka ke atas kapal.

Sebenarnya, Titanic sudah memberikan sinyal berbahaya kepada petugas operator radio namun tidak mendapat respon lantaran sedang tidak bertugas. (ren)

Nonton Konser, Cara Ratu Elizabeth II Rayakan Ultah ke-92
Dokter Barton.

Pensiunan Dokter Diduga Tewaskan Ratusan Pasien

Ia dikabarkan memberi dosis morfin berlebih sepanjang 1998-2000.

img_title
VIVA.co.id
18 Juni 2018