Ukraina Lantik Teman Dekat Presiden Sebagai Perdana Menteri

Perdana Menteri Ukraina Volodymyr Groysman saat baru terpilih.
Sumber :
  • REUTERS/Valentyn Ogirenko

VIVA.co.id – Parlemen Ukraina melantik Perdana Menteri baru, Volodymyr Groysman. Pelantikan berlangsung setelah pengunduran diri perdana menteri sebelumnya, Arseniy Yatsenyuk.

Antara Presidensi Indonesia, Perang Rusia-Ukraina dan Geopolitik G20

Groysman merupakan orang kepercayaan Presiden Ukraina, Petro Poroshenko, yang saat ini berada di bawah tekanan untuk melanjutkan program reformasi Uni Eropa yang didukung Ukraina.

"Saya memahami tekanan yang kita hadapi. Secara khusus saya ingin menyoroti tiga hal yaitu korupsi, populisme dan mengefektifkan pemerintahan. Kita akan bersama-sama membawa kesuksesan bagi Ukraina," kata Groysman kepada anggota parlemen, dikutip dari The Guardian, Jumat, 15 April 2016.

BPS Ungkap Dampak Perang Rusia-Ukraina bagi Neraca Perdagangan RI

Perdana Menteri baru Ukraina adalah sosok yang belum terlalu banyak dikenal. Kritikus mengatakan, sebagai sekutu presiden, ia bukan orang yang tepat untuk mendorong perubahan yang saat ini sangat dibutuhkan. Namun, pendukung Volodymyr menyatakan bahwa ia adalah sosok politik yang dapat menyatukan faksi-faksi politik di Ukraina dan mendukung program pergerakan reformasi Uni Eropa.

Selain pelantikan Perdana Menteri, susunan kabinet dibawah kepemimpinan PM Groysman pun diubah. Diantaranya Menteri Keuangan Natalia Yaresko, yang digantikan oleh Oleksandr Danylyuk dan Stepan Kubiv yang dilantik menjadi Menteri Ekonomi.

Cegah China Bantu Rusia, AS Akan Gelar Pertemuan di Roma

Ukraina dilanda krisis setelah Perdana Menteri sebelumnya, Yatsenyuk mengumumkan pengunduran dirinya terkait kritikan atas ketidakmampuan untuk melaksanakan reformasi di Ukraina. Yatsenyuk menjabat sebagai perdana menteri sejak mantan presiden pro-Rusia, Viktor Yanukovych digulingkan dalam demonstrasi besar pada bulan Februari 2014.

Laporan : Dinia Adrianjara

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya