Gempa 7,3 SR Guncang Jepang, Pelajar RI Luka Tertimpa Lemari

Sebuah gedung mengalami kerusakan akibat gempa di Kumamoto, selatan Jepang, 16 April 2016.
Sumber :
  • REUTERS/Kyodo

VIVA.co.id – Jepang kembali dilanda gempa bumi. Pada Sabtu dini hari, 16 April 2016, kawasan selatan Jepang, Kumamoto diguncang gempa berkekuatan 7,3 SR. Kantor berita NHK melaporkan bahwa sebanyak enam orang tewas dan 760 lainnya dirawat di rumah sakit akibat gempa yang disertai peringatan potensi tsunami tersebut.

Jepang Siapkan Anggaran Ekstra Rekonstruksi Daerah Gempa

Warga Indonesia yang tinggal di Jepang, Marlo Siswahyu, mengatakan bahwa puluhan mahasiswa dan ratusan pekerja asal Indonesia saat ini dalam kondisi selamat. Meski demikian, terdapat dua pelajar mengalami luka.

"Sekitar 70-an student dan ratusan pekerja dalam keadaan selamat, untuk dua korban dari pelajar, satu tertimpa lemari mengalami luka ringan dan satunya tertimpa sepeda sudah dirawat," kata Marlo dalam Kabar Pagi di tvOne.

WNI: Gempa Masih Terasa di Kumamoto Jepang

Sampai saat ini gempa susulan masih terjadi. Warga diharapkan mengungsi di tempat aman. "Untuk sementara ini pemerintah menganjurkan mengungsi di sekolah-sekolah terdekat dan lapangan,” ucap Marlo.

Untuk bantuan pemerintah kepada korban gempa, Marlo mengatakan bahwa pemerintah setempat sangat sigap dengan memberikan bantuan minuman dan makanan yang langsung diterimanya. 

Produksi Mobil di Amerika Terganggu Akibat Gempa Jepang
Gempa bumi di Prefektur Kumamoto, Jepang Selatan

Gempa Kumamoto Kuras Duit Jepang hingga Rp554,4 Triliun

Kumamoto sempat kembali diguncang gempa berskala kecil.

img_title
VIVA.co.id
24 Mei 2016