Jokowi Tengok 5 Karya Desainer Indonesia di London

Presiden Jokowi saar bertemu para WNI di Inggris
Sumber :
  • Biro Pers-Setpres

VIVA.co.id – Dalam serangkaian kunjungannya ke Inggris, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri melihat pameran hasil karya lima desainer Indonesia yang diadakan di Fenwick Department Store, yang terletak di New Bond Street, Mayfair, London.

Koleksi Busana Tex Saverio Terinspirasi Tut Wuri Handayani

"Ini sebuah awal kerja sama yang memberikan peluang pada desainer-desainer Indonesia untuk masuk ke pasar di London," ujar Jokowi, seperti dalam keterangan resmi yang diterima VIVA.co.id dari Tim Komunikasi Presiden, Kamis, 21 April 2016.

Masuknya desainer Indonesia ke pasar Inggris menunjukkan wujud nyata kerja sama Indonesia-Inggris dengan memanfaatkan peluang bisnis yang ada di bidang industri kreatif.

Menlu: Pemuda Indonesia di Eropa Antusias Bertemu Presiden

Ketika bertemu dengan PM David Cameron, Jokowi meminta agar kerja sama antara kedua negara diperluas lagi yang mencakup handicraft, seni pertunjukan, tari, serta desain. "Semuanya bisa kita kerjasamakan dengan Pemerintah Inggris," kata dia.

Pemerintah, melalui Badan Ekonomi Kreatif, akan memberikan dukungan dalam kerja sama industri kreatif, termasuk juga memberikan dukungan anggaran.

Ini 'Oleh-oleh' Presiden Jokowi dari Eropa

Namun demikian, kata Jokowi, yang paling penting adalah bahwa kerja sama seperti ini bukan hanya pelatihan semata namun juga membawa produknya ke pasar dan juga cocok dengan selera pasar.

Karya desainer muda Indonesia yang dipamerkan di Fenwick Department Store mengusung tema “Indonesia Fashion Forward” yang bertujuan untuk mempromosikan desainer muda Indonesia agar dapat memasuki bursa mode dunia dan tampil pada pagelaran pameran fesyen internasional.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya