Obama Janji 'Lindungi' Negara Teluk dari Iran

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz bersama Presiden Obama
Sumber :
  • REUTERS/Gary Cameron

VIVA.co.id – Dalam kunjungannya ke Riyadh, Arab Saudi, Presiden Amerika Serikat Barack Obama berjanji untuk ‘menangkal serangan’ terhadap sekutu Teluk Arab, yang belakangan ini khawatir atas menguatnya pengaruh Iran di kawasan tersebut.

Warga Indonesia di AS Ikut Waswas Jelang Pelantikan Joe Biden

Dalam pertemuannya dengan Dewan Kerja Sama Teluk (Gulf Cooperation Council), Obama menegaskan kembali komitmen Washington untuk menjamin keamanan di kawasan Teluk. Obama juga berharap, menggunakan kesempatan tersebut untuk mengurangi ketegangan yang dirasakan oleh negara-negara Teluk.

"Saya ingin menegaskan kembali kebijakan Amerika Serikat, menggunakan semua unsur kekuatan kita untuk mengamankan kawasan Teluk dan mencegah agresi eksternal terhadap sekutu kami," ujar Obama, seperti dikutip dari situs Reuters, Jumat, 22 April 2016.

Barack Obama Klaim AS Kini Lebih Terpecah-Belah

Sebelumnya, sebagian besar negara-negara GCC yang meliputi Arab Saudi, Kuwait, Qatar, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Oman, kecewa terhadap Obama, yang menganggap Amerika Serikat telah menarik diri dari beberapa wilayah dan memberikan lebih banyak ruang untuk Iran.

Obama menegaskan, Amerika Serikat tetap terlibat dalam stabilitas keamanan Teluk , dan bekerjasama secara erat untuk memperkuat angkatan bersenjata mereka untuk melawan kelompok militan Islam.

Barack Obama Sebut Tuduhan Kecurangan Pilpres AS Lemahkan Demokrasi

Laporan: Dinia Adrianjara

Patrick Semasky/REUTERS

Resmi Dilantik, Joe Biden Serukan Persatuan dan Akhiri Perang

Dalam pidatonya, Joe Biden mengatakan demokrasi sangat berharga, tapi juga rapuh. AS sedang menghadapi saat yang penuh ujian.

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2021