'Banting Setir', ISIS Cari Duit dari Jualan Ikan

Militer Irak Berhasil Rebut Universitas Anbar dari tangan Kelompok ISIS.
Sumber :
  • REUTERS / Stringer

VIVA.co.id – Setelah bisnis penyelundupan minyak yang dikuasainya hancur akibat ladang minyaknya direbut oleh koalisi Rusia dan Amerika Serikat, kini kelompok militan ISIS “banting setir” memilih untuk beternak ikan di sebuah danau di utara Baghdad, Irak sebagai sumber penghasilan mereka.

Mencekam, Kawasan Pusat Pemerintahan Irak Diserang Roket 'Tak Bertuan'

Menurut situs Russia Today, Jumat, 29 April 2016, hal ini dilakukan kelompok ekstremis tersebut, karena mengalami kerugian besar hingga US$2,9 miliar (Rp39 triliun) dari perdagangan gelapnya. Situasi ini membuat ISIS harus memutar otak untuk mencari sumber penghasilan lain.

Pengadilan Pusat Irak mengeluarkan sebuah laporan, yang menjelaskan bahwa bisnis peternakan ikan ini menghasilkan jutaan dolar per bulan. ISIS mengambil alih peternakan ikan yang telah ditinggalkan oleh pemiliknya maupun mengancam penduduk setempat untuk berbagi keuntungan dengan mereka.

Jet Tempur Prancis dan Irak Kompak Bombardir Markas ISIS di Irak

Baca juga:

Selain itu, aliran pendapatan baru datang dari bisnis diler mobil dan pabrik yang dulunya milik Pemerintah Irak, serta pemberlakuan pajak 10 persen pada produk pertanian.

Pangkalan Militer AS di Irak Diserang Rudal

"Setelah militer koalisi menguasai sejumlah ladang minyak yang digunakan ISIS untuk membiayai operasinya, mereka lalu menciptakan cara-cara nontradisional untuk membayar upah anggota dan pembiayaan kegiatan lainnya," tulis laporan penyelidikan dari Pengadilan Pusat Irak.

Kendati demikian, laporan ini tidak menyebutkan jumlah total kerugian ISIS. Namun, angka terbaru yang dirilis oleh lembaga analisis militer IHS mengklaim bahwa pendapatan mereka telah turun sepertiga sejak musim panas lalu.

Tim Peneliti CSPS SKSG Universitas Indonesia UI di Kantor Sekretraiat Wakil Presiden RI, November 2022.

Antara Presidensi Indonesia, Perang Rusia-Ukraina dan Geopolitik G20

Dinamika G20 Tahun 2022 Terakomodir dan Tertulis Jelas Pada Paragraf Ketiga dalam G20 Bali Leader’s Declaration.

img_title
VIVA.co.id
11 Desember 2022