Kemiskinan di Irak

Demi Rp 30 Juta, Ginjal Sendiri Digadaikan

VIVAnews - Kemiskinan di Irak kini memunculkan lahan penghidupan baru: jual-beli organ tubuh. Sekitar 23 persen warga Irak hidup dalam kemelaratan dengan biaya hidup kurang dari US$ 2,2 (sekitar Rp 22.290) per hari. Angka pengangguran pun mencapai 18 persen.

Kondisi ini memaksa ratusan orang menjual ginjal atau organ lainnya melalui calo di Baghdad sepanjang 2008. Misalnya Karim Hussein. Pria asal provinsi Amara, Irak bagian selatan ini menempuh perjalanan panjang ke Baghdad untuk menjual ginjalnya seharga US$ 3.000 (sekitar Rp 30 juta).

"Saya baru mengambil pinjaman untuk membangun rumah. Saya mengira dapat membayarnya dengan kembali bekerja, namun bayaran harian pekerjaan tidak cukup untuk menghidupi keluarga saya," kata lelaki dengan delapan anak ini seperti dikutip laman stasiun televisi al-Jazeera, Senin (20/7).

Pemerintah Irak sendiri tidak melarang donasi organ. Namun jual-beli organ dianggap melanggar hukum. Hanya saja, calo-calo organ tubuh masih bebas berkeliaran.

Seorang pembeli organ, Sadik Hamza mengaku pernah membayar US$ 15.000 kepada calo untuk mendapatkan ginjal untuk sepupunya. "Hanya sepertiga yang diberikan kepada penyumbang," ujar Hamza. "Pemerintah harus menghentikan aksi para calo ini."

Pemilik sekaligus kepala bagian bedah klinik Baghdad, dr. Walid Al-Khayal mengatakan pihaknya sulit mendeteksi transaksi antara donor dan penerima organ. Klinik, menurut Al-Khayal, hanya mengecek fungsi dan kesehatan ginjal dan penyumbang. Selanjutnya organ dikirim ke Departemen Kesehatan untuk diperiksa kesesuaiannya.

"Kami tidak tahu apakah mereka menyumbangkan organ atau menjual organ itu," kata Al-Khayal.

Codeblu Divonis Gegar Otak Ringan Sebelum Tanding dengan Chef Arnold
Petugas jasa penukaran valuta asing memeriksa lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta

Rupiah Mulai Perkasa Seiring Meredanya Konflik Israel-Iran

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Rabu pagi, 24 April 2024. Rupiah menguat sebesar 54 poin atau 0,34 persen ke posisi Rp 16.166.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024