02-05-1945: Berlin Jatuh ke Tangan Soviet

Pasukan Uni Soviet.
Sumber :

VIVA.co.id – Hari ini 71 tahun silam. Berlin, ibukota Nazi Jerman, jatuh ke tangan Tentara Merah Uni Soviet. Satu juta personil Nazi Jerman mengibarkan bendera putih dan meletakkan senjata mereka sebagai tanda menyerah syarat.

8 Fakta Menarik Ukraina yang Menjadi Negara Terluas di Eropa

Mengutip situs History, Pertempuran Berlin adalah salah satu pertempuran terakhir dari Teater Eropa Perang Dunia II. Soviet di bawah pimpinan Marsekal Georgy Zhukov dan Marsekal Ivan Konev menyerang Berlin dari timur.

Pertempuran ini berlangsung dari akhir April 1945 sampai awal Mei. Berlin menjadi fokus perhatian Pemimpin Uni Soviet, Josif Stalin karena curiga Sekutu Barat akan mengambilalih. Pertimbangan lain adalah Berlin sendiri memiliki banyak aset strategis, contohnya Hitler sendiri dan program pengembangan bom atom Jerman.

Bagaimana Penindasan Soviet Memupuk Benci Rakyat Ukraina pada Rusia

Namun, siasat Soviet ini sudah tercium Pimpinan Tertinggi Sekutu, Jenderal Dwight D. Eisenhower. Kemudian, pihak Sekutu Barat membatalkan menerjunkan pasukan payung untuk mengambilalih Berlin.

Selain itu, perintah ini tidak masuk akal jika mempertimbangkan jumlah pasukan yang tersisa dan cadangan makanan yang tersedia untuk mendukung keberadaan pasukan di dalam kota.

10 Fakta Mengejutkan Turkmenistan, Negara Islam yang Diktator!

Sebelum pertempuran berakhir, Adolf Hitler bersama pasangannya yang baru dinikahi, Eva Braun, melakukan bunuh diri dengan meminum pil sianida, ketimbang menyerang kepada Soviet. Nazi Jerman pun menyerah setelah lima hari pertempuran berakhir. Tentara Merah lalu menahan 134 ribu personil Nazi Jerman di Berlin.

Seorang lelaki tua memegang bendera Uni Soviet. Getty Images via BBC Indonesia

Membandingkan Kehidupan di Uni Soviet dan Rusia Pada Masa Perang

Setelah invasi pasukan Rusia ke Ukraina, kehidupan warga Rusia mulai berubah cepat. Perbatasan ditutup, nilai rubel terus turun dan harga barang-barang mulai naik.

img_title
VIVA.co.id
12 Maret 2022