Lagi, Pencari Suaka Somalia Bakar Diri di Nauru

Aksi protes para pencari suaka di Nauru, Australia
Sumber :
  • Refugee Rights Action Network

VIVA.co.id – Seorang perempuan asal Somalia pencari suaka ke Australia membakar dirinya sendiri sebagai protes penahanannya di sebuah pusat penahanan di Pulau Nauru. Perempuan berusia 21 tahun itu kini kritis karena luka bakar yang dialami.

Australia Hentikan Proses Pencari Suaka di Papua Nugini, Ada Apa?

"Perempuan itu diyakini baru saja kembali ke Nauru setelah dirawat di Australia dalam kecelakaan motor yang telah dialaminya," kata juru bicara Koalisi Aksi Pengungsi, Ian Riontul, seperti dilansir dari situs BBC, Selasa, 3 Mei 2016.

Ian mengatakan, perempuan itu saat ini dilaporkan tengah menjalani perawatan di Pulau Nauru, sementara menunggu diajukannya permintaan pemindahan ke rumah sakit di Australia. "Ini adalah cara menyakiti diri sendiri yang epidemik di Nauru," tuturnya.

KKB Pimpinan Lamek Tablo Bakar Fasilitas Umum di Kiwirok

Pulau Nauru adalah salah satu dari beberapa pusat penahanan untuk pencari suaka yang dioperasikan oleh Australia.

Hal ini turut dikecam oleh banyak kelompok HAM atas kebijakan Australia terhadap pencari suaka. Sementara itu, Papua Nugini pekan lalu mengumumkan menutup pusat tahanan yang sama di Pulau Manus, setelah Mahkamah Agung memutuskan tempat itu ilegal.

Penangkapan Dua Anggota KSB di Papua Bermula dari Perahu Mencurigakan

Bahkan, Menteri Imigrasi Australia Peter Dutton, menganjurkan bagi sekitar 850 orang yang ditahan di Pulau Manus untuk pindah ke Nauru dan mereka tetap tidak akan diizinkan untuk memasuki Australia.

"Yang dapat kami pastikan adalah jika ada orang yang datang ke Australia untuk tujuan pengobatan, mereka akan dikembalikan lagi ke Nauru setelah proses medis selesai," kata Dutton. (ase)

Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf. Cristian Irreuw

Suplai Senjata KKB Penembak Mati Sertu Ari Diduga dari Papua Nugini

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Tendius Gwijangge baku tembak dengan prajurit TNI dan menyebabkan satu prajurit TNI gugur.

img_title
VIVA.co.id
22 November 2021