Pertemuan Trilateral Digelar di Yogyakarta

Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nassir.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reiffi Georgina

VIVA.co.id – Pertemuan trilateral (tiga negara) antara Menteri Luar Negeri dan Panglima Angkatan Bersenjata Indonesia, Malaysia dan Filipina akan diselenggarakan di Gedung Agung, Istana Kepresidenan DI Yogyakarta, Kamis, 5 Mei 2016.

Patroli Maritim 3 Negara Jangan Sekadar Pepesan Kosong

Sebelumnya, pertemuan akan digelar di Gedung Pancasila, Kemlu, Jakarta. Melalui undangan resminya kepada VIVA.co.id, Juru Bicara Kemlu, Arrmanatha Nassir mengatakan, pertemuan tersebut akan membahas peningkatan keamanan maritim di wilayah yang banyak terjadi pembajakan dan penyanderaan.

"Harapan dari pertemuan tiga negara ini untuk memastikan kerja sama di bidang ekonomi tidak terganggu dengan meningkatnya ancaman keamanan di kawasan, serta meningkatkan koordinasi angkatan bersenjata ketiga negara," ujar Arrmanatha, di Jakarta, Selasa, 3 Mei 2016.

Tumpas Abu Sayyaf, Malaysia Gabung Indonesia dan Filipina

Indonesia merupakan negara yang menginisiasi pertemuan ini sebagai bentuk tanggung jawab bersama mengawal perairan di kawasan yang menjadi kepentingan bersama, khususnya dalam memberikan situasi dan kondisi yang kondusif bagi kegiatan ekonomi ketiga negara dan masyarakat di kawasan.

"Pertemuan dengan format two plus two plus two. Ini merupakan instruksi Presiden RI kepada Menlu dan Panglima TNI untuk duduk bersama mitra," katanya.

Presiden Baru Filipina Bakal Berantas Kejahatan Kerah Putih

Pertemuan trilateral ini akan dimulai dengan courtesy call dengan Presiden Joko Widodo pada pagi harinya, dan diharapkan akan menghasilkan "joint statement”.

Laporan: Dinia Adrianjara

Pelaku pembajakan kapal bermuatan sawit di OKI Sumatera Selatan

Perampok Sadis Bajak Kapal Bermuatan Sawit di Sumsel, Dibekuk saat Tertidur Lelap

Empat pelaku pembajakan kapal bermuatan sawit di Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel dibekuk polisi. Ternyata mereka juga terlibat DPO kasus perampokan dan pencurian

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2023