Rekrut Kaum Muda, Militer China Pakai Taktik Ini

Kekuatan militer China.
Sumber :
  • blogs.reuters.com

VIVA.co.id – Tentara Pembebasan Rakyat China (People's Liberation Army/PLA) menggunakan metode baru untuk menjaring atau merekrut personelnya, yaitu dengan menggunakan iklan video.

5 Bentuk Kekuatan Militer China yang Buat AS Ketar Ketir

Mereka menampilkan nyanyian bergaya rap untuk mengajak kaum muda bergabung dengan militer negeri Tirai Bambu itu. "Apa Anda takut? Tidak! Apa Anda takut? Tidak! Kami hanya perlu perintah untuk membunuh!"

Demikian sepenggal lirik lagu rap yang dikumandangkan dalam video iklan tersebut. Melansir situs BBC, Selasa, 3 Mei 2016, kekuatan militer China memang terus berkembang dan tak berhenti melakukan upaya untuk menampilkan citranya yang baik di mata masyarakat.

Fakta 3 Musuh yang Mampu Bikin Amerika Babak Belur dalam Perang

Para pembuat film dilaporkan tidak peduli jika ada pihak-pihak yang tak menyukai karyanya, selama mereka bisa mencapai tujuan utama, yakni bergabungnya anak-anak muda ke dalam barisan militer negara.

Awal April lalu, Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), dalam laporan terbarunya mengatakan, anggaran militer China meroket hingga 132 persen selama periode 10 tahun, 2006-2015.

Amerika Jiper, 500 Bom Nuklir China Bisa Menghantam Kapan Saja

Kenaikan signifikan ini disebabkan konflik yang sedang dihadapi negeri Tirai Bambu itu. Seperti diketahui, China tengah dihadapi masalah sengketa dua wilayah, yakni Laut China Selatan (konflik dengan Filipina, Vietnam, Brunei Darussalam) serta Laut China Timur (konflik dengan Jepang).

Selain itu, niatan Taiwan untuk merdeka, menambah andil atas kenaikan anggaran militer China. Peneliti senior SIPRI, Sam Perlo-Freeman, mengatakan, tambahan belanja pertahanan ini sebagai bagian dari kebijakan Presiden Xi Jinping atas meningkatnya ketegangan di kawasan yang menjadi ancaman nyata di masa depan.

VIVA Militer: Laksamana John Aquilino

Jiper, Komandan Armada Perang Amerika Anggap China Lebih Ganas dari Nazi

Dengan kekuatan perangnya, China mampu mengubah tatanan dunia.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024