Personel Angkatan Laut AS Tewas Digempur ISIS

Militan ISIS menggunakan tank tempur.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Serangan oleh kelompok radikal ISIS (Daulah Islamiyah Irak dan al-Syam) menewaskan personel Angkatan Laut Amerika Serikat di Irak Utara pada Selasa waktu setempat. Ini terjadi ketika militan itu menggempur kelompok Kurdi Irak yang berada di garis depan pertempuran.

Mencekam, Kawasan Pusat Pemerintahan Irak Diserang Roket 'Tak Bertuan'

Personel yang tidak disebutkan namanya itu merupakan korban ketiga dari AS sejak meluncurkan kampanye melawan ISIS pada 2014.

"Ini adalah kematian dalam pertempuran dan kehilangan yang sangat menyedihkan," kata Menteri Pertahanan Ash Carter, seperti dikutip situs The Guardian, Rabu 4 Mei 2016.

Jet Tempur Prancis dan Irak Kompak Bombardir Markas ISIS di Irak

Pejabat militer AS mengatakan koalisi pimpinannya membantu Peshmerga menangkal serangan, dengan memberikan dukungan udara menggunakan jet tempur F-15 dan pesawat mata-mata.

Pejabat yang tidak disebutkan namanya itu juga mengatakan, anggotanya tewas terbunuh oleh "tembakan langsung" dari kelompok ISIS.

Pangkalan Militer AS di Irak Diserang Rudal

Baca:

Sementara Juru bicara Pentagon, Peter Cook, menjelaskan bahwa insiden itu terjadi dalam serangan ISIS ketika posisi Peshmerga berada sekitar 3-5 kilometer di garis belakang.

Pada pertengahan April, AS mengumumkan rencana untuk mengirim tambahan 200 tentara ke Irak, dan menempatkan mereka lebih dekat ke garis depan pertempuran untuk membantu pasukan Irak dalam perang melawan ISIS.

Namun, masih di bulan yang sama, sebuah serangan oleh ISIS di sebuah pangkalan AS menewaskan Sersan Marinir Louis Cardin dan melukai delapan personil AS lainnya.

Laporan: Dinia Adrianjara

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya