Lagi, Bakal Capres AS 'Tumbang' pada Trump

Bakal calon Presiden AS dan Gubernur Negara Bagian Ohio, John Kasich
Sumber :
  • reuters.com

VIVA.co.id – Bakal calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, John Kasich, mengumumkan pengunduran dirinya dari pencalonan. Gubernur Negara Bagian Ohio itu menyampaikan hal itu dalam acara jumpa pers yang emosional di Columbus, Ohio.

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

"Ketika saya menghentikan kampanye, saya berkeyakinan kalau Tuhan bakal menunjukkan jalan ke depan dan mewujudkan tujuan hidup saya," kata Kasich, seperti dikutip dari situs BBC, Kamis 5 Mei 2016.

Dengan pengunduran diri Kasich, maka Donald Trump dianggap sebagai calon dari Partai Republik untuk pemilihan presiden (pilpres) AS pada November 2016.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Trump sudah mengatakan, ia mencari pasangan calon wakil presiden yang mempunyai pengalaman politik, serta mampu memuluskan kebijakannya kelak.

Sebelumnya, Ted Cruz telah mengumumkan mengakhiri kampanyenya sebagai nominasi bakal calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, setelah kalah dari Donald Trump di pemilihan pendahuluan (primary) Indiana.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Hal ini membuat miliarder asal New York itu hampir pasti menjadi calon presiden dari partai beraliran konservatif.

Penasihat Cruz, sebelumnya menargetkan Indiana sebagai daerah yang berpotensi untuk membantu Cruz mengalahkan Trump sebagai nominasi.

"Kami melakukan segala yang kami bisa. Tetapi, pemilih memilih jalan lain," katanya kepada para pendukungnya di Indiana. Dengan demikian, Ted Cruz dan gerakan #NeverTrump kini berakhir sudah.

(asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya