Korea Utara Jemawa dengan Kemampuan Nuklirnya

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.
Sumber :
  • Telegraph

VIVA.co.id – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengobarkan semangat "Juche", yang mengatakan prestasi nuklir negaranya menunjukkan kekuatan tak terbatas negeri itu. Kim juga memuji perkembangan luar biasa dari program senjata nuklirnya.

Rudal Korea Utara Gagal Meluncur

"Beberapa uji coba kami lakukan dan berhasil. Ini, sekaligus menunjukkan kepada seluruh dunia bahwa kita kekuatan yang tak terkalahkan dan tidak takut pada sanksi yang diberikan musuh-musuh kita," kata Kim, dalam pidato Kongres Partai Buruh Korea Utara, seperti dikutip dari situs Aljazeera, Sabtu 7 Mei 2016.

Kim juga mengatakan, kesuksesan senjata nuklir Korea Utara sebagai bukti atas "tonggak sejarah baru" yang sejalan dengan masa depan gerakan revolusioner negerinya. Seperti diketahui, Korea Utara menganut doktrin "Byongjin", yakni kebijakan membangun perekonomian berasaskan senjata nuklir.

Korut Akan Kembali Berulah, Jepang Perintahkan Militer Siaga

Hal itu, merupakan jalan yang diambil oleh ayah dan kakek Kim, di mana tumbuh ideologi yang menggabungkan Marxisme dan nasionalisme ekstrem.

Sekitar 130 wartawan asing diundang untuk meliput acara ini, namun tidak diperbolehkan di dalam venue kongres. Bahkan, jarak kongres dengan tempat wartawan berjarak 200 meter.

Sekjen PBB Desak Dialog Nuklir dengan Korea Utara

Gelaran kongres ini menjadi kekhawatiran Korea Selatan, karena diperkirakan diluncurkan kembali uji coba nuklir. Namun, belum didapat informasi apakah peluncuran dilakukan sebelum, atau selama kongres berlangsung. (asp)

Kim Jong Un.

Korut Dicurigai Aktifkan Lagi Fasilitas Nuklir Yongbyon

Reaktor tersebut telah ditutup pada tahun 2007.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2016