Empat WNI Ditebus Seharga Rp14,1 Miliar

Kapten Kapal Hendry, Moch Ariyanto Misnan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Hary Fauzan

VIVA.co.id – Keempat anak buah kapal berkewarganegaraan Indonesia dilepas pada Rabu oleh salah satu faksi dari kelompok Abu Sayyaf. Menurut situs Inquirer, Rabu, 11 Mei 2016, keempat sandera ditebus dengan harga 50 juta peso atau sekitar Rp14,1 miliar.

Menlu Serahkan 4 WNI Eks Sandera Abu Sayyaf ke Keluarga

Hal itu dibenarkan Kepala Polisi Kota Jolo, Junpikar Sittin yang mengatakan, keempatnya diturunkan di luar rumah Gubernur Sulu, Abdusakur Tan II pukul 15.00 waktu setempat. Para korban kemudian dibawa ke Rumah Sakit Teodulfo Bautista Station di Jolo untuk pemeriksaan kesehatan.

Sittin mengatakan, beberapa sumber mengungkap Kepala Urusan Politik Moro National Liberation Front (MNLF) Samsula Adju, melakukan negosiasi untuk membebaskan sandera. Diketahui pula bahwa sebanyak 50 juta peso telah dibayarkan sebagai tebusan.

Presiden Baru Filipina Bakal Berantas Kejahatan Kerah Putih

Sandera yang dibebaskan yaitu Moch Ariyanto Misnan, Lorens MPS, Dede Irfan Hilmi dan Samsir. Mereka diculik oleh kelompok Abu Sayyaf di perairan Tawi-Tawi pada 15 April 2016.

Sebelumnya, pada 1 Mei, sepuluh orang Indonesia juga dibebaskan dan ditinggalkan di luar kedamaian Tan oleh penculik Abu Sayyaf. Para korban adalah anggota awak kapal tunda yang diculik di Perairan Sulu pada 28 Maret 2016.

Empat WNI Tawanan Abu Sayyaf Berhasil Dibebaskan
Empat WNI mantan sandera Abu Sayyaf saat tiba di Jakarta.

Ini Kisah Seram yang Dialami 4 WNI Sandera Abu Sayyaf

Salah satunya, disuruh nonton video pemenggalan kepala.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2016