16-05-1943: Inggris Bantai Ribuan Warga Jerman Pakai Banjir

Ilustrasi Perang Spanyol.
Sumber :
  • www.bookmice.net

VIVA.co.id – 16 Mei di tahun 1943, Royal Air Force (RAF) negara Inggris, menyusun rencana untuk membom bendungan utama Jerman, dengan tujuan untuk membanjiri wilayah Ruhr di Jerman. Rencana itu disusun di saat tentara Jerman sedang melawan pasukan partisan penjajah negara Jerman.

Bom Raksasa Ditemukan di Jerman, 80 Ribu Warga Dievakuasi

Dilansir dari laman History, operasi yang diberi nama Chastise merupakan salah satu bagian dari strategi Inggris, untuk melakukan pemboman di wilayah besar yang sudah dimulai sejak awal tahun itu, di bawah pimpiman Guy Gibson, salah satu pilot bomber terbaik RAF.

Ia memimpin 18 pasukan pembom di wilayah Laut Utara dan Holland. Namun, sayang ia kehilangan enam pesawat pembom beserta 56 kru dari total 133 kru yang bertugas, karena ditembak jatuh lawan sebelum mencapai tujuan mereka, yaitu Bendungan Mohne, Eder, dan Sorpe.

Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo-Gibran: Mau Gak Mau Harus Terima, Tapi...

Sementara itu, pesawat pembom yang masih bertahan, berhasil menghancurkan dua dari target mereka dan menyebabkan Sungai Ruhr membanjiri daerah sekitarnya. Insiden ini kemudian menewaskan 1.268 orang, termasuk 700 buruh budak Rusia.

Di samping itu pada saat yang sama Jerman melanjutkan perjuangan mereka dengan meluncurkan serangan terhadap pejuang partisan yang menguasai saluran rawa, hutan, dan pegunungan serta masih berjuang melawan penjajah Jerman di Rusia.

Kaleng Susu Isi 16 Kg Sabu dari Malaysia Masuk Indonesia Lewat Kaltara Digagalkan

Dari 6.000 partisan di wilayah tersebut, bom Jerman menewaskan sebanyak 1.584 orang dan menawan 1.568 lainnya. Tidak hanya itu, Jerman juga menyebarkan sebanyak 840.000 selebaran dari operasi di udara yang menyerukan agar para partisan menyerah.

Pangeran William dan Kate Middleton.

Pesawat Pangeran William dan Kate Middleton Muter-muter 2 Jam di Udara

"Aku terbang!" kata Pangeran William.

img_title
VIVA.co.id
18 Oktober 2019