WHO: 4 Kota di India Berpolusi Udara Terburuk

Polusi udara di Kota New Delhi, India.
Sumber :
  • Reuters/Anindito Mukherjee

VIVA.co.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan empat dari 10 kota di dunia yang mengalami kondisi polusi udara terburuk ada di India. Keempat kota ini adalah Gwalior, Allahabad, Patna dan Raipur. Mereka memiliki tingkat tertinggi dari jenis polusi yang dikenal sebagai partikel PMs.

Greenpeace Sebut Kualitas Udara di Buleleng Bali Berbahaya

Partikel terkecil tersebut dapat menyebabkan stroke, penyakit jantung, kanker paru-paru kronis dan penyakit pernapasan akut. Sementara ibu kota India, New Delhi, berada di urutan ke-11 dunia sebagai kota yang paling tercemar.

Direktur Departemen Lingkungan dan Kesehatan Publik WHO, Maria Neira memuji pemerintah India untuk mengembangkan rencana nasional untuk menangani permasalahan ini.

Potret Kemiskinan di India

"Mungkin beberapa kota terburuk dan yang paling tercemar di dunia tidak termasuk dalam daftar kami. Itu karena mereka bahkan tidak memiliki sistem yang baik untuk memantau kualitas udara. Sehingga tdak adil untuk membandingkan atau memberikan peringkat," kata Neira, dilansir dari situs BBC, Senin, 16 Mei 2016.

WHO mengatakan lebih dari tujuh juta kematian prematur terjadi setiap tahun karena polusi udara. Tiga juta kematian disebabkan karena kualitas udara yang buruk.

AS Peringatkan Serangan ISIS di India

Peneliti WHO meneliti kualitas udara di tiga ribu kota dan desa di 103 negara. Temuan ini berdasarkan laporan negara dan sumber-sumber lain antara 2008 dan 2013, meskipun beberapa negara tidak memberikan kontribusi data.

(ren)

Netflix.

Netflix Tawarkan Paket Baru, Lebih Murah 50 Persen

Hanya bisa diakses di gawai.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2019