PM Kanada Siapkan UU Lindungi Transgender

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau.
Sumber :
  • Reuters/Chriss Wattie

VIVA.co.id – Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, akan memperkenalkan undang-undang untuk melindungi kaum transgender dari diskriminasi. Trudeau mengatakan, undang-undang yang akan menjamin "perlindungan penuh" terhadap kaum transgender Kanada itu akan diajukan hari ini.

Obama: Transgender Jangan Dihalang-halangi ke Toilet

"Kami harus membuat kesetaraan dan berjuang untuk keadilan, agar menutup kesenjangan prinsipal dan realitas kita," kata Trudeau di Montreal, seperti dikutip kantor berita Reuters, Selasa, 17 Mei 2016.

Surat mandat Trudeau yang diberikan kepada menteri kehakiman Kanada menyatakan bahwa ia akan memperkenalkan undang-undang untuk menambahkan identitas gender sebagai dasar di bawah Undang Undang Hak Asasi Manusia dan daftar karakteristik khusus di bawah KUHP.

135 Purnawirawan TNI-Polri Ajukan Amicus Curiae ke MK Terkait Sengketa Pilpres

Hak transgender telah menjadi bagian dari perdebatan sengit di Amerika Serikat baru-baru ini, meskipun masalah ini tidak terlalu kontroversial di Kanada. Carolina Utara awal tahun ini mengesahkan undang-undang yang melarang orang-orang untuk menggunakan kamar mandi umum yang tidak sesuai dengan jenis kelaminnya sejak lahir.

Sejak itu, pemerintahan Presiden Barack Obama mengatakan kepada sekolah-sekolah swasta di AS bahwa siswa transgender diperbolehkan menggunakan kamar mandi menggunakan pilihan mereka. Keputusan tersebut kemudian menjadi pertentangan oleh kalangan konservatif AS.

Tujuh Korban Tewas Kebakaran Toko Frame Mampang Jaksel Ditemukan Dalam Satu Ruangan

Langkah ini diambil karena perseteruan pemerintah Obama dan Carolina Utara di Pengadilan Federal atas hukum negara yang disahkan Maret lalu, mengenai pembatasan akses kamar mandi umum untuk kaum transgender.

Regional Director of UN Women Office for Asia, Roberta Clarke.

'Kesetaraan Gender di Asia Masih Perlu Dibenahi'

Setiap Kementerian harus mengerti kebutuhan laki-laki dan perempuan.

img_title
VIVA.co.id
19 Mei 2016