Belasan Anak Tewas di Kawasan Kamp Militer Nigeria

Pasukan Nigeria sedang menyisir kelompok Boko Haram.
Sumber :
  • reuters.com

VIVA.co.id – Amnesti Internasional menyatakan, belasan anak-anak termasuk bayi meninggal tahun ini dalam lingkungan kumuh yang berada di kawasan penahanan militer. Kawasan ini adalah area penahanan bagi terduga anggota kelompok militan Boko Haram.

Gunmen Demand IDR 9,6 billion for Release of 286 Students Hostages

Namun, pemerintah Nigeria membantah tuduhan Amnesti Internasional itu. Dilansir dari laman VOA News, Rabu, 18 Mei 2016, bukti foto yang didapatkan dari satelit banyak tersebar ke media, 11 anak termasuk empat bayi meninggal dunia. Foto serta video yang ada juga memperlihatkan adanya kuburan massal di daerah penahanan tersebut.

“Saya melihat banyak anak-anak yang meninggal karena sakit ketika berada di pusat penahanan. Belasan orang sudah tewas tahun ini,” kata Solomon Sacco dari Amnesti Internasional.

11 Muslim Ditangkap Polisi Karena Ketahuan Tidak Puasa Ramadhan

Ia menjelaskan, salah seorang saksi menceritakan kepada pihaknya bahwa ia melihat adanya orang-orang yang bahkan tinggal di dalam toilet pusat penahanan tersebut.

Dilaporkan, setiap tiga kali dalam sepekan, petugas menggunakan truk sampah untuk mengangkut jasad-jasad orang yang meninggal dan melemparkannya ke dalam sebuah liang kubur besar. Mereka kehilangan nyawa karena sakit dan tak dirawat, tidak mendapatkan konsumsi yang layak, serta lingkungan yang kotor.

Pria Bersenjata Sandera 286 Siswa dan Staf Sekolah, Minta Tebusan Rp9,6 Miliar

“Amnesti Internasional sudah berkali-kali menyampaikan, militer Nigeria melakukan pelanggaran hak asasi manusia, karena menahan ratusan orang di tempat itu. Kami menyerukan kepada dunia internasional untuk segera menaruh perhatian kepada kasus ini dan mendesak presiden Nigeria untuk melakukan sesuatu,” kata Sacco. Namun, militer mengatakan, itu adalah area khusus anggota Boko Haram yang mereka tangkap.

Namun, tak dijelaskan apakah mereka yang meninggal adalah benar tersangka anggota Boko Haram, mengingat banyaknya anak-anak dan bayi yang ada di sana.

VIVA Militer: Dua kapal induk Angkatan Laut Mesir

10 Negara Afrika dengan Kekuatan Angkatan Laut Paling Mengerikan

Angkatan laut Afrika dengan warisan maritim yang panjang, memainkan peran penting dalam melindungi saluran air Afrika.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024