DUNIA

Koleksi Batik Ani Yudhoyono Dipamerkan di AS

Sementara batik mendiang ibunda Barrack Obama terdapat 20 batik dari Indonesia.
Kamis, 23 Juli 2009
Oleh : Amril Amarullah
Ibu Negara Ani Yudhoyono

VIVAnews - Batik-batik koleksi Ibu Negara Ani Yudhoyono dan peninggalan ibunda Presiden Barack Obama, mendiang Ann Dunham, Rabu, 23 Juli 2009 mulai dipamerkan di kota New York.

Sebanyak enam lembar kain batik milik Ani Yudhoyono serta 20 kain dan dua selendang peninggalan Ann Dunham dipamerkan di gedung Konsulat Jenderal RI di New York.

Pameran yang berlokasi di kawasan Manhattan itu akan berlangsung tiga hari, hingga 24 Juli. Di gedung KJRI New York, publik setempat dapat melihat koleksi batik milik Ani Yudhoyono yang terdiri atas satu pasang sarung selendang batik tulis motif "peksi kawung"; satu pasang batik tulis motif modern "sarimbit"; satu lembar kain batik "sogan" bermotif "sidoluhur kencana"; serta satu pasang sarung selendang batik tulis dengan motif "ceplok".

Batik milik Ann Dunham yang dipamerkan terdiri atas 20 kain dan dua selendang yang sebagian besar berasal dari Yogyakarta, Solo, Indramayu, Cirebon, Pekalongan, dan Madura.

Sebelum mencapai New York, koleksi batik ibunda Presiden Obama itu telah dipamerkan di Chicago, Los Angeles, San Francisco, dan Houston. Setelah dari New York, perjalanan koleksi Ann Dunham dan Ani Yudhoyono akan berakhir di Washington DC.

Pembukaan rangkaian pameran batik Ani Yudhoyono dan Ann Dunham di kota New York dilakukan sehari sebelumnya dalam kesempatan jamuan makan malam bagi para undangan dari berbagai kalangan, antara lain para diplomat dan pengusaha asing.

Acara yang dibuka Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Muhammad Lutfi itu berlangsung di Hotel The Plaza, New York, dan dihadiri Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Sudjadnan Parnohadingrat dan Konsul Jenderal RI di New York Trie Edi Mulyani.

Kesempatan itu juga dimanfaatkan Kepala BKPM dan Dubes RI untuk menyampaikan kepada publik AS tentang upaya dan kemampuan Indonesia untuk segera memulihkan situasi pascaledakan di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton di Jakarta pada 17 Juli.

Lutfi dan Sudjadnan menyampaikan tekad dan keyakinan Indonesia untuk dapat segera mengadili orang-orang yang bertanggung jawab dalam serangan terorisme itu.

Selain dengan demonstrasi pembuatan kain batik, acara peresmian diisi dengan pertunjukan tari bali dan peragaan busana batik karya perancang Indonesia Oscar Lawalata dan Ema Holiza, serta busana batik pengantin koleksi Danar Hadi.

Jamuan makan malam juga dimeriahkan penampilan musik jazz kontemporer bernuansa etnik yang dimainkan para musisi jazz Indonesia, yaitu Dwiki Dharmawan, Dewa Bujana, Indro Hardjodikoro, Sa`at Borneo dan penyanyi Dira Yulianti Sugandi. (tvone)

TERPOPULER
File Not Found