Lima Tahun Membeku, Vatikan-Al Azhar Kembali Bertemu

Pertemuan hangat antara Imam Masjid Al Azhar Ahmed al-Tayep dan Paus Fransis dari Vatikan, Senin, 23 Mei 2016.
Sumber :
  • Reuters/Max Rossi

VIVA.co.id – Paus Francis kembali bertemu dengan imam besar masjid al-Azhar Kairo. Pertemuan ini terjadi setelah lima tahun dialog antara Gereja Katolik Roma dan Imam masjid otoritas Islam Suni tertinggi tersebut membeku.

Jokowi Launches Permanent Housing After Disaster in Central Sulawesi

Pertemuan dilakukan ketika imam masjid al-Azhar, Sheikh Ahmed al-Tayeb secara sengaja mengunjungi Vatikan. Ahmed al-Tayeb mengunjungi Vatikan dalam perjalanan ke konferensi Paris, konferensi agama yang melibatkan Muslim dan Katolik. Pertemuan dua pemimpin umat tersebut dikabarkan berlangsung singkat, hanya sekitar 30 menit.  "Pertemuan ini merupakan pesan," ujar Paus Francis, seperti dilansir dari BBC, Selasa, 24 Mei 2016

Juru bicara Vatikan mengatakan, meski berlangsung singkat, namun pertemuan antara Sheikh Tayeb dan Paus Francis berlangsung "sangat ramah". Para pemimpin agama itu kemudian saling bertukar hadiah, berpelukan, dan membahas konflik dan ketegangan antara umat Kristen dan Muslim di Timur Tengah.

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

Hubungan antara al-Azhar dan Vatikan memburuk sejak tahun 2006. Paus Benediktus, Paus Vatikan saat itu, berulang kali mengutip perkataan kaisar Century Bizantium 13 yang menyiratkan bahwa Islam adalah agama kekerasan. Namun bekunya hubungan antara dua pemimpin agama besar di dunia terjadi mulai tahun 2011. Tahun itu, Al Azhar memutuskan untuk memblokir pertemuan  setelah merasa kecewa dan marah dengan komentar-komentar negatif dari Paus Benedictus,  mengenai Islam.

Menlu Retno Marsudi dan Imam Besar Al Azhar Mesir.

Persatuan Islam, Bahasan Khusus Menlu RI dan Imam Al Azhar

Imam Al Azhar memuji langkah Indonesia dalam kasus Rohingya di Myanmar

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2017