25-05-1961: JFK Desak Kongres Dukung Program Ruang Angkasa

Presiden AS, John F. Kennedy
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Hari ini 55 tahun silam, dalam pidatonya di depan Kongres, Presiden Amerika Serikat, John F Kennedy (JFK) meminta dukungan keuangan untuk mempercepat program ruang angkasa AS.

Membandingkan Kehidupan di Uni Soviet dan Rusia Pada Masa Perang

Salah satu program yang dicanangkan Kennedy adalah mengirim manusia ke bulan. Menurutnya, program ini sangat penting karena pertarungan gengsi politik dan ekonomi antara AS dengan Uni Soviet.

Ia pun mendesak Kongres untuk memobilisasi sumber daya keuangan untuk mempercepat laju kemajuan program ruang angkasa.

8 Fakta Menarik Ukraina yang Menjadi Negara Terluas di Eropa

Mengutip situs History, pada 12 April 1961, Soviet telah menjadi negara pertama yang mengirim manusia, yaitu Kosmonot Yuri Gagarin, ke ruang angkasa dengan pesawat Vostok 1.

Pada 5 Mei, Astronot AS, Alan B. Shepard lalu menyusul terbang ke ruang angkasa, namun tidak mengorbit bumi. Sejak saat itu, AS dan Soviet terlibat langsung dalam perlombaan menuju luar angkasa (space race).

Bagaimana Penindasan Soviet Memupuk Benci Rakyat Ukraina pada Rusia

Tidak mau kalah dengan rival Perang Dinginnya, Kennedy berjanji untuk mendukung program ruang angkasa Paman Sam, yang pada akhirnya, membuat program ruang angkasa Soviet menjadi tertinggal dari AS lantaran beberapa faktor.

Pada 1963, terjadi tragedi nasional di mana Kennedy mati tertembak. Meskipun begitu, program ruang angkasa AS tetap berjalan. Puncaknya, pada 20 Juli 1969, ketika AS dipimpin Presiden Richard Nixon menyaksikan secara langsung keberhasilan pengiriman tiga astronot ke bulan dengan pesawat Apollo 11.

Tak hanya itu. Neil Armstrong mendapat kehormatan sebagai menjadi manusia pertama yang berjalan di bulan. Usai Armstrong menancapkan tiang bendera AS di bulan, Presiden Nixon lalu menghubungi Armstrong melalui sambungan komunikasi di dalam Apollo 11, dan mengucapkan selamat kepadanya dan tim.

Sejak saat itu pula, AS melenggang kangkung dengan berbagai program ruang angkasanya, dan Soviet mengalami kemunduran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya