Menlu Retno ke Jepang, Persiapkan Kunjungan Jokowi

Kementerian Luar Negeri RI memastikan tujuh ABK WNI dalam kondisi baik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rebecca Reifi Georgina.

VIVA.co.id – Menteri Luar Negeri Retno Marsudi malam ini terbang ke Nagoya, Jepang. Dia akan mempersiapkan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Jepang dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi 7 Negara (G7).

RI Bicara Tegas di OKI Minta Tanggung Jawab Bantu Rakyat Afghanistan

Selain menghadiri KTT, Jokowi juga akan menghadiri pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara sahabat. Demikian ungkap Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nassir.

"Malam ini Menlu ke Jepang untuk lakukan persiapan dan Presiden Jokowi akan tiba di Nagoya pada tanggal 26 Mei. Acara  KTT dimulai pagi hari tanggal 27 Mei," kata Arrmanatha yang ditemui malam ini di Kemlu RI, Jakarta.

Menlu Retno Sebut Indonesia Ingin Afghanistan Jadi Negara Damai

Ia menjelaskan, nantinya akan ada pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara yang hadir, seperti Prancis, Jepang dan Sri Lanka. Kendati demikian, pertemuan dengan PM Jepang, Shinzo Abe, tidak akan dilakukan dengan sistem pertemuan bilateral penuh, melainkan berdiplomasi secara santai atau pull aside.

"Biasanya kita tentunya akan bahas satu hubungan yang sudah matang dengan Jepang. Tentunya isu yg sudah kita bahas akan dibahas lagi. Isu-isu yang masih pending ya utamanya," kata Arrmanatha.

Alasan Evakuasi WNI di Afghanistan Pakai Pesawat TNI AU

Diplomat yang akrab disapa dengan panggilan Tata itu menjelaskan, karena acara G7 hanya pertemuan singkat, maka sulit menggelar pertemuan bilateral dengan para pemimpin lain. Namun, kata dia, sejauh ini sudah ada jadwal pertemuan bilateral dengan Prancis di Jepang nanti.

(ren)

Menlu Negeri Retno Marsudi saat menyampaikan sambutan di Kongres Indonesianis

ASPINA Belanda Diluncurkan, Bagaimana Prospeknya bagi Ekonomi RI

Apresiasi disampaikan Menlu Retno dalam acara peluncuran ASPINA Belanda yang berlangsung secara fisik dan daring dari KBRI Den Haag pada Kamis kemarin. Lalu?

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2022