Taliban Afghanistan Umumkan Pemimpin Baru

Pemimpin Taliban Afghanista, Mullah Akhtar Mohammad Mansoor. Tewasnya Mansoor membuat kelompok militan tersebut mencari penggantinya.
Sumber :
  • Reuters/Taliban Handout/Handout via Reuters

VIVA.co.id – Kelompok Taliban di Afghanistan mengklaim telah menunjuk seorang ketua baru sebagai pemimpin mereka. Ia akan mengemban tugas dari pemimpin sebelumnya, Mullah Akhtar Mansoor, yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS pekan lalu.

Ada Unsur Balas Dendam, Ini Deretan Alasan Rusia Jadi Terget Serangan ISIS

Dilansir dari laman ABC, Rabu, 25 Mei 2016, kelompok pemberontak itu mengatakan nama pemimpin baru mereka adalah Mullah Haibatullah Akhundzada, salah satu dari dua deputi Mansour. Dikatakan Akhundzada terpilih pada pertemuan para pemimpin Taliban, yang diyakini telah diselenggarakan di Pakistan.

Mansour tewas di Pakistan pada Sabtu pekan lalu ketika kendaraannya ditabrak oleh pesawat tak berawak AS. Insiden ini diyakini menjadi pertama kalinya seorang pemimpin Taliban tewas dalam cara seperti tersebut di dalam wilayah Pakistan.

ISIS-K Bertanggungjawab Atas Aksi Terorisme di Rusia, Taliban Buka Suara

Pemerintah Pakistan diyakini mendukung para pemimpin Taliban di kota di perbatasan Afghanistan. Para pemberontak telah berjuang untuk menggulingkan pemerintah Kabul sejak tahun 2001.

(ren)

Ketika Bom Meledak di Pesta Pernikahan, 63 Orang Meregang
VIVA Militer: Pasukan Taliban Afghanistan

Rusia Akan Hapus Taliban dari Daftar Teroris Internasional, Sengaja Buat AS Kesal?

Rusia mengumumkan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan untuk menghapus Taliban dari daftar organisasi teroris internasional, kata para pejabat di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024