Pemilu di AS, Uang Bukan Segala-galanya

Diskusi Celebrating and Learning From the US Democratic Proccess.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dinia Adrianjara.

VIVA.co.id - Uang, atau dana yang dikeluarkan kandidat bukan satu-satunya faktor pendukung untuk meraih simpati masyarakat dalam pemilihan awal (primary) Presiden Negeri Adidaya tersebut. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan dan perhatian pemilih, sebelum menentukan siapa yang akan melaju sebagai Presiden selanjutnya.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

"Faktor lain, selain uang yang dilihat oleh masyarakat adalah bagaimana cara kandidat tersebut mengambil hati dan meyakinkan para pemilih bahwa mereka layak menjadi pemimpin Amerika," kata Konselor Politik Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Siriana K. Nair, dalam diskusi Celebrating and Learning From the US Democratic Proccess, di Jakarta, Rabu 25 Mei 2016.

Faktor selanjutnya, kata Nair, adalah apakah mereka dapat dipercaya dan dapat melakukan pekerjaannya dengan baik. Menurutnya, banyak isu yang menjadi perhatian masyarakat ketika kandidat presiden mengampanyekan program kerjanya.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

Di antaranya, yaitu apa saja yang akan mereka raih ketika menjadi pemimpin, bagaimana perkembangan perekonomian di masa mendatang, kesempatan untuk para pekerja, dan pajak.

"Pajak merupakan persoalan besar yang kini masih diperbincangkan oleh masyarakat Amerika, program yang dibawa oleh kandidat adalah suatu poin yang penting. Selain itu, bagaimana pemerintah menjaga lingkungan, isu sosial mengenai aborsi, keamanan dan imigrasi ilegal juga menjadi isu dan permasalahan yang harus diperhatikan oleh kandidat presiden," ujar Nair.

Donald Trump Siap Luncurkan TRUTH Social, Platform Medsos Tandingan

Kandidat yang kini "melaju kencang" sebagai calon presiden Amerika adalah Donald Trump dari Partai Republik dan Hillary Clinton dari Partai Demokrat. Keduanya kini bersaing untuk terus meraih perhatian dan dukungan masyarakat Amerika, untuk maju dalam pemilu presiden November mendatang.

Dalam diskusi bertema Celebrating and Learning From the US Democratic Proccess tersebut diadalan di Lembaga Kebudayaan Amerika (atamerica) dan diprakarsai oleh Bakrie Center Foundation. Selain Siriana K.Nair, turut menjadi pembicara CEO Saifulmujani Research and Consulting, Djayadi Hanan. (asp)

Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022