Pesawat Komersial Sukhoi Sukses 'Tembus' Pasar Eropa

Ilustrasi pramugari.
Sumber :
  • REUTERS/Pascal Rossignol

VIVA.co.id – Perusahaan Penerbangan Nasional Rusia (Russia United Aircraft Corporation) telah mengirim 15 unit pesawat komersial Sukhoi Superjet 100 (SSJ100) untuk Maskapai Penerbangan CityJet milik Republik Irlandia, dengan nilai kontrak sebesar US$1 miliar.

UE Setop Pasokan, Rusia: Harga Minyak Bakal di Atas US$300 Per Barel

Menurut laman Russia Today, Kamis, 26 Mei 2016, dengan begitu, Sukhoi sudah "menembus" pangsa pasar pesawat komersial Eropa yang didominasi oleh Airbus.

CityJet akan menerima tiga unit pesawat SSJ100 pada tahun ini, kemudian sisanya pada 2017 dan 2018. Sukhoi sendiri akan memberikan fasilitas berupa dukungan layanan selama 12 tahun kepada CityJet.

Uni Eropa Diminta Menanggung Biaya Pengungsi Ukraina

"Penyerahan SSJ100 ke Irlandia merupakan tonggak penting bagi CityJet karena kami memulai program pembaruan armada kami. Ini adalah pesawat yang fantastis dan kami berharap untuk memperkenalkan pelanggan kami untuk tingkat tinggi kenyamanan dan efisiensi dalam tahun-tahun mendatang, "kata Pat Byrne, Ketua Eksekutif CityJet.

Tahun lalu, perusahaan penerbangan yang berbasis di Dublin, ibukota Irlandia, ini memilih SSJ100 untuk meningkatkan program pengembangan armada dan jaringan. Pembaruan armada CityJet dan ekspansi datang sebagai hasil dari kinerja yang kuat perusahaan pada 2015.

Ukraina Minta Masuk Uni Eropa, Slovenia Dukung Diproses Cepat

Kendati demikian, CityJet masih tetap melakukan kontrak sewa dengan Air France-KLM yang menggunakan jenis pesawat Superjets. SSJ100 memiliki kapasitas 98 kursi yang dikembangkan oleh Sukhoi Civil Aircraft Company.

Pesawat ini adalah pesawat komersial terbaru hemat biaya yang dapat beroperasi pada rute jarak pendek-menengah. SSJ100 memiliki jangkauan 4.500 kilometer.

Tak hanya Irlandia, Maskapai Denmark, Greenland Express, juga tengah mengadakan pembicaraan serius untuk membeli lima unit SSJ100. Di luar Eropa, Sukhoi sedang melakukan negosiasi dengan Maskapai EgyptAir asal Mesir untuk memasok 40 unit SSJ100.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya