China: Tak Ada Masalah di Laut China Selatan

Kawasan Laut China Selatan yang disengketakan.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Meningkatnya ketegangan di Laut China Selatan membuat pemerintah China angkat bicara. Menteri Pertahanan China, Chan Wanquan mengatakan, beberapa negara seharusnya berhenti mempermainkan isu kebebasan navigasi di Laut China Selatan, karena hal itu tidak pernah bermasalah.

Menko Polhukam: RI Waspadai Konflik di Laut China Selatan, Rivalitas AS-China Kian Rumit

Berbicara dalam pertemuan Menteri Pertahanan China-ASEAN di Laos, Chang mencatat bahwa ancaman keamanan tradisional dan non-tradisional daerah masih menonjol.

"China akan selalu mengupayakan pembangunan dengan damai, mendorong kerjasama regional, menyelesaikan sengketa secara damai dan terkoordinasi dan tidak pernah mengelak dari tanggung jawab untuk melindungi perdamaian dan stabilitas regional," kata Menteri Wanquan, dilansir dari laman Xinhua, Kamis, 26 Mei 2016.

Ambil Contoh Situasi Laut China Selatan, ISDS Gelar Lomba Penulisan Tentang Kedaulatan

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk lebih meningkatkan pertahanan dan kerjasama antara China dan ASEAN, militer China berharap dapat melakukan latihan bersama dengan militer negara ASEAN di Laut China Selatan dalam waktu dekat.

Mengenai isu kebebasan navigasi di Laut China Selatan, Direktur Kerjasama Militer Internasional Komisi Militer Pusat China, Guan Youfei menjelaskan bahwa masalah itu sendiri adalah proposisi palsu.

Waspada! Indonesia Dikepung 2 Negara Pemilik Rudal Tomahawk Pembawa Malapetaka

"Lebih dari 100.000 kapal melewati Laut China Selatan setiap tahun dan tidak ada yang mengaku menemui halangan, kesulitan atau bahaya. Situasi menunjukkan fakta bahwa kebebasan navigasi tidak pernah menjadi ancaman di Laut China Selatan," kata Guan kepada media.

Ia juga menyebutkan bahwa China selalu menghormati dan membela kebebasan navigasi, baik itu di Laut China Selatan maupun tempat-tempat lain di dunia menurut hukum internasional.

VIVA Militer: Laksamana John Aquilino

Jiper, Komandan Armada Perang Amerika Anggap China Lebih Ganas dari Nazi

Dengan kekuatan perangnya, China mampu mengubah tatanan dunia.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024