Duterte Fokus Perbanyak Lapangan Kerja di Luar Manila

Rodrigo Roa Duterte, mantan Wali kota Davao yang kini menjadi Presiden Filipina.
Sumber :
  • reuters.com

VIVA.co.id – Presiden terpilih Filipina, Rodrigo Duterte, berjanji akan memperbanyak kegiatan ekonomi dan lapangan pekerjaan sampai ke luar ibu kota Manila.

Cabang Duathlon Sukses Tambah Medali Emas Indonesia

Ia mengatakan akan menciptakan lapangan kerja baru dengan mendirikan zona ekonomi di luar ibu kota, sehingga kegiatan ekonomi akan merata ke semua daerah. Ia juga menyatakan tidak akan memberikan izin untuk mendirikan pabrik baru di ibu kota.

"Saya harus menciptakan lebih banyak pekerjaan di luar Manila. Jika ada investor datang, saya akan memberitahu mereka bahwa saya tidak akan membiarkan pendirian pabrik di Manila. Saya harus membangun lingkungan baru bagi roda perekonomian masyarakat," kata Duterte, seperti dilansir dari situs Channel News Asia, Kamis, 26 Mei 2016.

Presiden Filipina Minta Panitia SEA Games Gratiskan Tiket Pertandingan

Duterte, yang memenangkan pemilu dua minggu lalu, berjanji dalam kampanye bahwa prioritas utamanya  meningkatkan kehidupan 26 juta warga Filipina yang saat ini masih berpenghasilan rendah. Kurangnya kesempatan kerja di Filipina selama beberapa dekade menuntut masyarakat Manila mencari kehidupan dan pekerjaan yang lebih baik.

Namun, sebaliknya, jutaan orang terpaksa berada tinggal di daerah yang sangat kumuh. Kesenjangan ekonomi di Filipina antara mereka yang kaya dan miskin sangat timpang, di mana daerah kumuh hanya berjarak beberapa kilometer dari kawasan rumah mewah serta gemerlapnya gedung pencakar langit dan kompleks kasino yang bernilai miliaran dolar AS.

Kondisi Kesehatan Presiden yang Ditakuti Gembong Narkoba Memburuk

Duterte juga mengatakan kekecewaannya terhadap saluran air dan kanal di Manila yang tercemar dan dikelilingi lingkungan yang kumuh. "Saya akan meminta para insinyur untuk menemukan wilayah yang luas, karena kita akan membangun zona ekonomi di sana. Sebelum saya merelokasi mereka ke tempat baru, saya harus membangun kegiatan ekonomi di wilayah baru tersebut," ujarnya.

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte.

SEA Games Bermasalah, Presiden Filipina Minta Maaf

Laporan soal buruknya perhelatan SEA Games kembali ditanggapi Duterte.

img_title
VIVA.co.id
2 Desember 2019