Dua Kapal Korut Langgar Perbatasan, Korsel Kirim Tembakan

Militer Korsel berjaga di perbatasan dengan Korut,
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Angkatan Laut Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan kepada sebuah kapal patroli dan perahu nelayan milik Korea Utara, Jumat, 27 Mei 2016. Tembakan tersebut dilepaskan setelah kedua kapal tersebut menyeberangi perbatasan laut yang disengketakan di lepas pantai barat semenanjung Korea.

Begini Jadinya Jika Korea Utara Kloning Facebook

Menurut kantor berita Reuters, Jumat 27 Mei 2016, dua kapal dari Korut akhirnya mundur sekitar delapan menit setelah Korsel melepaskan lima tembakan artileri 40 mm  pada sekitar pukul 07.30 waktu setempat. "Perahu Korea Utara telah menyeberangi garis Batas Utara, perbatasan wilayah sengketa dekat pulau perbatasan pulau Yeonpyeong," kata militer Korea Selatan.

Kapal milik negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un tersebut sering tersesat ke wilayah Kosel. Selama bertahun-tahun, kapal angkatan laut dari kedua belah pihak telah sering saling melakukan penembakan mematikan. Tahun 2010, insiden penembakan yang dilakukan oleh Korea Utara bahkan menenggelamkan kapal milik Korea Selatan, dan menewaskan 46 pelautnya. Namun Korea Utara  membantah bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

Korut Akan Kembali Berulah, Jepang Perintahkan Militer Siaga

Korea Utara dan Korea Selatan terlibat perang selama 1950-1953 dan konflik mereka berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai. Korut belum lama ini menawarkan untuk melakukan pembicaraan militer dengan korsel, namun kemudian ditolak karena tawaran mereka dianggap sebagai serangan perdamaian palsu mengingat tidak adanya rencana untuk mengakhiri program nuklir Korea Utara.

(ren)

Makin Panas, Korut Ancam Tembak Kapal Perang Korsel
Keberhasilan uji coba rudal Musudan membuat Kim Jong-un jemawa bisa kalahkan AS.

Vietnam dan Korsel Tingkatkan Fasilitas Militer

Kasus Laut China Selatan dan uji coba rudal Korut diduga berpengaruh.

img_title
VIVA.co.id
6 Juni 2016