Makin Panas, Korut Ancam Tembak Kapal Perang Korsel

Salah satu replika rudal milik Korea Utara.
Sumber :
  • REUTERS/Damir Sagolj

VIVA.co.id – Korea Utara mengancam tak main-main akan menembak kapal perang Korea Selatan jika nekat menyeberangi perairan perbatasan kedua negara tersebut. Hal itu disampaikan Korea Utara sehari setelah angkatan laut Korea Selatan yang melepaskan tembakan peringatan untuk mengusir dua kapal Korea Utara.

Korut Dicurigai Aktifkan Lagi Fasilitas Nuklir Yongbyon

Saat itu, tembakan peringatan dilakukan kapal perang Korea Selatan karena dua kapal militer Korea Utara dianggap telah melintasi batas laut yang disengketakan.

Dalam pernyataan yang dirilis resmi oleh media pemerintah Korea Utara, tindakan tembakan peringatan yang dilakukan Korea Selatan adalah provokasi.

China Tegaskan Korut Tetap Sahabat Baik

"Itu adalah tindakan provokasi militer yang sembrono, agar menggoda hubungan Utara-Selatan dan memperburuk ketegangan di Semenanjung Korea," kata Korea Utara dalam keterangan resmi yang dilansir ABCnews, Minggu, 29 Mei 2016.

Menurut Korea Utara, kapal-kapal bersenjata milik mereka yang sudah berada di wilayah laut Utara akan menembak kapal-kapal militer Korea Selatan tanpa aba-aba jika mereka mendekat meski hanya 0,001 milimeter.

Korut Akan Kembali Berulah, Jepang Perintahkan Militer Siaga

Sebelumnya, Korsel menyatakan salah satu kapal perangnya memang mengeluarkan lima kali tembakan peringatan untuk mengusir kapal militer Korut dan perahu nelayan yang menyeberangi wilayah perbatasan.

Menurut Kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan, langkah itu merupakan standar prosedur yang tepat untuk mengusir kapal-kapal Korea Utara yang dianggap telah bertindak konyol.

Kim Jong-un dan istrinya Ri Sol Ju.

8 Fakta Miris Tentang Aturan Hukum di Korea Utara

Banyak peraturan yang membuat penduduknya merasa tidak betah di sana.

img_title
VIVA.co.id
15 September 2017