Rudal Korea Utara Gagal Meluncur

Keberhasilan uji coba rudal Musudan membuat Kim Jong-un jemawa bisa kalahkan AS.
Sumber :
  • Reuter/KCNA

VIVA.co.id – Pejabat militer Korea Selatan mengatakan, Korea Utara gagal menembakkan rudal jarak menengah, Musudan, dari pantai timur Wonsan, pada Selasa pagi. Upaya peluncuran rudal dilakukan sekitar pukul 05.20 waktu setempat.

Muda-mudi Jepang Rayakan Hari Kedewasaan, Heboh Gila-gilaan

Sebelumnya, Jepang sudah memberikan peringatan militer, pada Senin, yang mengatakan adanya kemungkinan peluncuran rudal balistik negeri Kim Jong-un itu.

"Korea Utara melakukan upaya untuk meluncurkan rudal jarak menengah, Musudan. Rudal ini sebelumnya sudah diuji coba sebanyak tiga kali sejak bulan April dan semuanya gagal," bunyi keterangan dari kantor berita Yonhap, seperti dikutip dari situs Reuters, Selasa, 31 Mei 2016.

Telepon Operator Perusahaan Sampai 24.000 Kali, Lansia Ini Ditangkap

Hingga saat ini, Korea Utara belum pernah sukses meluncurkan Musudan, yakni sebuah rudal yang secara teori mampu menyerang hingga ke bagian negara Jepang dan Guam di AS.

"Upaya peluncuran dilakukan di dekat kota pantai Timur Wonsan, daerah yang sama ketika uji coba peluncuran Musudan sebelumnya dilakukan," kata pejabat Korea Selatan, yang tak disebutkan identitasnya.

Rahasia Kelam di Balik Rumah Tahanan para Imigran di Jepang

Uji coba tes teknologi ini dilakukan usai penyelenggaraan Kongres Partai Buruh Korea Utara yang diperkirakan membicarakan rencana peluncuran rudal nuklir. Upaya peluncuran rudal Musudan ini dinilai upaya pertama yang dilakukan sejak saat itu.

Bunuh 19 Penyandang Cacat, Pria Jepang Dihukum Gantung

Kasus ini adalah salah satu pembunuhan massal terburuk di Jepang.

img_title
VIVA.co.id
17 Maret 2020