Taiwan Diguncang Gempa Bumi 6,1 SR

Peristiwa Gempa Taiwan pada awal Februari 2016.
Sumber :
  • Reuters/Tyrone Siu

VIVA.co.id – Gempa bumi berkekuatan 6,1 skala richter (SR) mengguncang Taiwan, hari ini, dan dirasakan pula di ibu kota Taipei.

Update Korban Gempa Dahsyat Taiwan: 9 Orang Tewas, 1000 Lebih Luka

Mengutip situs Reuters, Selasa, 31 Mei 2016, Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) awalnya direkam gempa yang berpusat sekitar 110 kilometer (70 mil) sebelah timur laut Taipei, dengan kekuatan 6,4 SR.

Sementara, Biro Cuaca Pusat Taiwan menyebutkan kekuatan gempa justru mencapai 7,2 SR. Sejumlah saksi melaporkan bahwa getaran bisa dirasakan di gedung-gedung di Taipei, termasuk gedung Parlemen Nasional Taiwan, serta di Bandara Internasional Taoyuan, di wilayah selatan ibu kota.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

Situs pembuat chip kontrak terbesar, Taiwan Semiconductor Manufacturing Inc, mengatakan tidak ada dampak terhadap operasinya. Sedangkan, menurut laporan warga dan pejabat setempat, mengatakan tidak ada laporan kerusakan maupun korban jiwa.

Sebelumnya, pada awal Mei lalu, gempa bumi berkekuatan 5,6 skala Richter (SR) mengguncang timur laut Taiwan, hari ini. Badan Survei Geologi Amerika Serikat (US Geological Survey) mengatakan, lokasi gempa berada 14 kilometer (sembilan mil) timur laut dari kota pesisir Su-ao.

Heboh Pengakuan Ahli Balistik, Polisi yang Titipkan Isu Perselingkuhan Putri-Brigadir J

Di ibu kota Taiwan, Taipei, guncangan akibat gempa terasa, terutama bagi warga yang tinggal di apartemen atau rumah susun. Akibatnya, dilakukan pemadaman listrik dan berakibat orang-orang terjebak dalam lift.

Bangunan di Taiwan Setelah Gempa Terjadi (Doc: AP Photo)

Gempa Dahsyat Guncang Taiwan, DPR Minta Kemlu Proaktif Cek WNI: Jika Perlu Dievakuasi

Gempa dahsyat mengguncang Taiwan pada Rabu pagi kemarin. Lebih dari 1000 orang luka-luka.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024