Singapura Bantah Telah Mengklaim Pulau Manis

Pulau Manis (Funtasy Island/warna merah) dibantah klaimnya oleh Singapura.
Sumber :
  • http://www.funtasyisland.com

VIVA.co.id – Kementerian Luar Negeri Singapura, pada Selasa, mengaku tidak pernah mengklaim Pulau Manis di wilayah Pulau Batam, Indonesia.

RI Ingin Teruskan Dialog dengan RRC Soal Laut China Selatan

Mereka pun "kebingungan" oleh laporan media di Indonesia yang menyebut bahwa Singapura telah bersengketa dengan kedaulatan Indonesia terhadap pulau rekreasi bertemakan alam itu (eco-resort Funtasy Island).

Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Selasa malam, Singapura tidak pernah 'mengambil' kedaulatan Indonesia atas Pulau Manis", demikian bunyi pernyataan Kemenlu Singapura, seperti dikutip situs Channel News Asia, Rabu, 1 Juni 2016.

ASEAN Tak Keluarkan Sikap Bersama soal PCA

Menurut sebuah laporan dari situs Funtasy Island yang di-upload menyebutkan bahwa 30 hektare dari Pulau Manis merupakan bagian dari Singapura.

Dalam peta itu menyoroti warna pulau yang sama seperti Singapura, biru. Sejak berita menghebohkan tersebut, warna Pulau Manis diubah menjadi merah dan beberapa tulisan telah diedit.

Jepang Prihatin Cara China Atasi Wilayah Sengketa

Pulau Manis dibangun atas investasi Singapura melalui Funtasy Island Development (FID) sejak 2010. Pulau ini hanya berjarak 16 kilometer atau setengah jam saja dari negeri Singa itu dengan menggunakan kapal cepat dengan luas daratan sekitar 328 hektar.

Diketahui, FID telah mengivestasikan dananya sekitar S$300 juta (sekitar Rp3 triliun) dalam membangun Pulau Manis menjadi kawasan rekreasi berbasis alam.

Scarborough Shoal, salah satu wilayah sengketa di Laut China Selatan.

Sengketa Wilayah, Filipina Sepakat 'Duduk Bersama' China

Keduanya harus bicara bagaimana 'berbagi buah dari pohon yang sama'.

img_title
VIVA.co.id
10 Juni 2016