China Tegaskan Korut Tetap Sahabat Baik

Kim Jong-un, saat mengawasi uji coba misil Korea Utara.
Sumber :
  • Reuter/KCNA

VIVA.co.id –  Presiden China, Xi Jinping menekankan pentingnya hubungan yang ramah dengan Korea Utara. Pernyataan tersebut ditekankan saat salah seorang pejabat tinggi Korea Utara berkunjung ke China.

Kim-Trump Mulai Pertemuan Bilateral Bahas Denuklirisasi Hari Ini

Aksi Korea Utara yang terus melakukan uji coba rudal dan nuklir sempat membuat hubungan China dan Korea Utara memanas. China bahkan sempat mendekat ke Amerika Serikat dan membuka kemungkinan bersama AS menekan Korut. Namun kedatangan Wakil Ketua Partai Pekerja China Ri Su-yong ke negara Tirai Bambu tersebut dilihat sebagai upaya kedua negara untuk memperbaiki hubungan mereka kembali.

Dalam kunjungannya, RI menyampaikan pesan dari Kim Jong Un yang mengatakan Korea Utara tidak akan mengakhiri program nuklirnya.

Donald Trump dan Kim Jong Un Mulai Pertemuan Empat Mata

Dilansir dari laman Reuters, Kamis, 2 Juni 2016, kantor berita resmi pemerintah Korut melaporkan pemimpin mereka, Kim Jong Un, telah bersumpah melanjutkan kebijakan kemajuan ekonominya bersama pengembangan nuklir.

Kantor berita China, Xinhua, tidak menyebutkan mengenai nuklir, tapi menuliskan Kim berharap membangun hubungan yang lebih dekat dengan China. Presiden Xi saat itu mengulangi kebijakan negaranya di Semenanjung Korea. Ia menyerukan untuk tetap tenang dan menahan diri, serta meningkatkan komunikasi dan stabilitas regional di wilayah tersebut.

Bertemu Trump di Vietnam, Kim Jong Un Akan Naik Kereta?

Kunjungan  Ri ke China adalah kunjungan pertama oleh seorang pejabat Korea Utara sejak diadakannya Kongres Partai Pekerja bulan lalu di Korut. China tetap merupakan sekutu sementara Korea Utara, namun pada saat yang sama China juga mematuhi sanksi yang dikenakan oleh PBB atas peluncuran rudal yang berulang-ulang dan uji coba nuklir awal tahun ini oleh Korut.

Kim Jong-un bertemu Presiden AS Donald Trump di DMZ

Mengenal Zona Demiliterisasi, Lokasi Pertemuan Trump dan Jong-un

DMZ merupakan perbatasan era Perang Dingin yang terakhir di dunia.

img_title
VIVA.co.id
1 Juli 2019