Tradisi Ramadan di India Mirip Indonesia

Duta Besar India untuk Indonesia, Nengcha Lhouvum, cerita Ramadan di negaranya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rebecca Reifi Georgina

VIVA.co.id – Duta Besar India untuk RI, Nengcha Lhouvum, menceritakan bahwa tradisi berpuasa selama bulan Ramadan di negaranya ternyata sama dengan yang dijalankan di Indonesia.

Wanita Muslim India: Kesalahan Kami Hanyalah Terlahir sebagai Muslim

"Tradisi kami saat bulan Ramadan kurang lebih sama dengan Indonesia. Kami bangun pagi untuk mempersiapkan makanan sahur lalu shalat subuh dan berpuasa sepanjang hari. Lalu, sorenya kami akan berbuka puasa bersama dengan keluarga atau teman-teman," kata Lhouvum, di kediamannya di Jakarta Pusat, Rabu, 8 Juni 2016.

Ia juga mengungkapkan bahwa saat berbuka puasa biasa mengonsumsi buah-buahan atau gorengan.

Tragedi Berdarah di Delhi, PBNU Mau Tabayun ke Kedubes India

"Biasanya kami berbuka puasa dengan buah atau gorengan," ujar dia.

Lhouvum memaparkan, saat Hari Raya Idul Fitri nanti warga India yang tinggal di kota-kota besar juga akan kembali ke kampung halaman masing-masing alias mudik.

Bawa Daging Sapi, Pria Muslim India Dikeroyok Sampai Mati

"Kami juga melakukan shalat Ied bersama saat Lebaran," tuturnya.

India memiliki populasi Muslim terbesar kedua di dunia setelah Indonesia. Sebanyak 14,5 persen warga India beragama Islam.

"Kami punya banyak teman dan keluarga Muslim. Keluarga saya juga ada yang puasa juga selama Ramadan. Tidak hanya itu, banyak sekali bintang ternama Bollywood seperti Shah Rukh Khan dan Amir Khan, mereka beragama Islam. Wakil Presiden kami juga beragama Islam," kata dia.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya