'Tantang' Rusia, AS Unjuk Kekuatan di Laut Mediterania

Kapal Induk Amerika Serikat, USS Nimitz.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Angkatan Laut Amerika Serikat mengerahkan kapal induk USS Nimitz dan USS Harry S. Truman ke Mediterania Timur, sebagai langkah terbaru unjuk kekuatan dengan Rusia.

Irak Turun Tangan, Bantu Palestina Lawan Israel di Laut Mediterania

Laksamana Muda Bret C. Batchelder, di Washington DC, seperti mengutip situs Sputniknews, Kamis, 9 Juni 2016, mengungkapkan bahwa pengerahan dua kapal induk ini untuk menunjukkan kehadiran AS yang dibutuhkan di Mediterania guna "memeriksa" negeri Beruang Putih itu.

"Pergerakan kapal induk Harry S. Truman dari Teluk ke Mediterania Timur merupakan bentuk demonstrasi atas kemampuan AL AS," kata Batchelder.

Penemuan Harta Karun dari Kota Bawah Laut yang Hilang, Atlantis?

Pada Jumat pekan lalu, AS meluncurkan serangan dadakan pertama untuk mendukung perang melawan ISIS dari kapal induk Nimitz di timur laut Mediterania.

Beberapa kapal perang yang tergabung dalam formasi serangan tersebut antara lain Harry S. Truman, kapal penjelajah dengan rudal pemandu USS Anzio serta kapal perusak USS Gonzalez.

KRI Frans Kaisiepo-368 Milik TNI AL dan Kapal Perang Yunani Unjuk Gigi di Laut Mediterania Lebanon

Sementara itu, pada Rabu, The US European Command (Eucom) mengumumkan bahwa kapal induk AS kedua telah tiba di Laut Mediterania guna mendukung kepentingan keamanan nasional AS di Eropa Barat.

VIVA Militer: KRI RJW-992 beri pertolongan medis ke korban Laka Laut di Mesir

KRI RJW-992 Beraksi di Mesir, Bantu Warga Suriah yang Jadi Korban Laka Laut di Perairan Mediterania

Tim Medis KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 memberikan pelayanan medis di tengah-tengah proses debarkasi atau bongkar muat bantuan untuk korban perang Gaza

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024