Rusia Siap Ladeni Manuver AS di Laut Hitam

Pesawat tempur Rusia terbang di atas Istana Kepresidenan Kremlin.
Sumber :
  • REUTERS/Sergei Karpukhin

VIVA.co.id – Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pihaknya akan merespons masuknya gugus tempur Angkatan Laut Amerika Serikat di Laut Hitam. Andrei Kelin, pejabat senior Kemenlu Rusia, seperti dikutip dari Reuters, Jumat, 10 Juni 2016, mengatakan, langkah tersebut merupakan upaya yang dirancang untuk meningkatkan ketegangan jelang pertemuan puncak NATO.

Irak Turun Tangan, Bantu Palestina Lawan Israel di Laut Mediterania

Menurut laporan bahwa USS Porter, kapal perusak AL AS, memasuki Laut Hitam beberapa hari lalu melalui sebuah pengerahan. Langkah tersebut "menggusarkan" Moskow karena kapal tersebut telah dilengkapi dengan sistem rudal baru.

Langkah ini sebagai usaha Washington untuk menyeimbangkan kekuatan militer Rusia yang tengah bangkit. "Tentu saja hal ini tidak sesuai dengan persetujuan kami dan tidak diragukan lagi kami akan mengeluarkan tindakan respon," kata Kelin.

Penemuan Harta Karun dari Kota Bawah Laut yang Hilang, Atlantis?

Ia menambahkan pengerahan dua kapal induk AS di Mediterania merupakan bentuk unjuk kekuatan yang akan memperdalam situasi "dingin" dalam hubungan antara Moskow dan Washington.

"Mengenai situasi keseluruhan tentu saja ada peningkatan, yang pasti akan memicu ketegangan dalam hubungan kami. Ini semua dilakukan sebelum pertemuan puncak NATO di Warsawa. Ini adalah unjuk kekuatan," kata Kelin.

KRI Frans Kaisiepo-368 Milik TNI AL dan Kapal Perang Yunani Unjuk Gigi di Laut Mediterania Lebanon

(ren)

VIVA Militer: KRI RJW-992 beri pertolongan medis ke korban Laka Laut di Mesir

KRI RJW-992 Beraksi di Mesir, Bantu Warga Suriah yang Jadi Korban Laka Laut di Perairan Mediterania

Tim Medis KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 memberikan pelayanan medis di tengah-tengah proses debarkasi atau bongkar muat bantuan untuk korban perang Gaza

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024