Australia Pamerkan Kapal Fregatnya di Jakarta

Kapten Ivan Ingham, Komandan HMAS Perth III.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dinia Adrianjara

VIVA.co.id – Kapal Angkatan Laut Australia, HMAS Perth III, merupakan kapal fregat kelas Anzac yang melakukan kegiatan tabur bunga memperingati pertempuran di Selat Sunda 74 tahun silam. Kapal perang bermuatan 192 personel ini telah banyak beroperasi di beberapa negara, terutama membantu pengawasan keamanan wilayah maritim.

Bangkai Pesawat Peninggalan Perang Dunia II Ditemukan di Papua

"Kami berlayar dari Perth ke Indonesia dari sekitar satu minggu yang lalu. Banyak misi yang sudah kami lalui, misalnya tahun lalu kami melakukan pengamanan di Laut China Selatan, kemudian di perairan dekat Singapura dan Malaysia. Kami juga mengunjungi Kamboja dan Thailand," kata Kapten Ivan Ingham, Komandan HMAS Perth III, Rabu, 15 Juni 2016.

Kapten Ingham menjelaskan, Perth III juga setelah ini akan melakukan pelayaran ke wilayah Timur Tengah, tepatnya ke perairan Mediterania.

3-4-1948: Bantuan Marshall Plan untuk Bangkitkan Eropa

"Meskipun kapal ini tidak terlalu besar, tetapi kami punya pasukan terbaik dan peralatan yang sangat memadai. Hubungan kekeluargaan antara anak buah kapal juga sangat baik. Di sini kami punya fasilitas internet, televisi kabel, perpustakaan buku, dan tentunya alat militer yang canggih," ujar Ingham.

Dalam kesempatan yang sama, Atase Militer Kedutaan Besar Australia, Nick Hart, mengatakan bahwa hubungan militer antara Indonesia dan Australia saat ini sangat baik.

07-02-1979: 'Malaikat Maut' Nazi Tewas karena Stroke

"Kami diterima dengan baik dan menerima juga bantuan dan dukungan dari indonesia. Contohnya ada beberapa amggota AL Australia yang mengikuti konferensi tahun lalu di Jakarta. Saat ini juga ada beberapa anggota AL Indonesia yang membantu acara tabur bunga ini," kata Hart.

(ren)

Ilustrasi vaksin wabah flu.

6 Inovasi Perang Dunia yang Mengubah Kehidupan Sehari-hari

Salah satu penemuan Perang Dunia 2 yang paling terkenal yaitu bom atom. Berikut beberapa inovasi yang keluar dari loncakan perkembangan, dari vaksin hingga radar.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2022