Tak Tegas dengan China, Analis: Bukti ASEAN Tak Kompak

Parade Militer China.
Sumber :
  • www.scmp.com

VIVA.co.id –  Analis ISEAS Yusof Ishak Institute Singapura, Ian Storey mengatakan, penarikan pernyataan bersama menunjukkan kurang kompaknya sesama anggota ASEAN dalam mengkritisi China yang mengklaim sepihak Laut China Selatan.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

"Pernyataan awal diulang. Itu jelas sebuah kekhawatiran bagi ASEAN. Hal ini juga menunjukkan posisi China di atas ASEAN yang mendorong perselisihan harus diselesaikan oleh para pihak yang bersengketa. Bukan membawa masalah ini ke ranah regional (melibatkan ASEAN) maupun internasional (PBB)," kata Storey, seperti dikutip situs Reuters, Rabu, 15 Juni 2016.

Sementara, peneliti Habibie Center, Muhammad Arif mengatakan, selama ini China memandang hanya "berselisih paham" dengan Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam dan Indonesia (khusus masalah Natuna) saja. Tidak dengan seluruh negara ASEAN.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Dengan demikian, langkah menyelesaikan di tingkat internasional pun ditolak negeri Tirai Bambu tersebut, dan keukeh menginginkan penyelesaian di tingkat bilateral saja.

Sikap sepihak China ini membuat Amerika Serikat gerah dan turun tangan. Alhasil, ketegangan pun merambah ke hubungan bilateral kedua negara.

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Meski saling mengirim persenjataan di Laut China Selatan, Arif tetap meyakini kalau perang terbuka takkan terjadi. "AS, China, dan negara ASEAN tetap menjaga status quo," ujarnya.

Pertemuan ASEAN-China diadakan menjelang putusan oleh Pengadilan Tetap Arbitrase di Den Haag pada kasus yang dibawa oleh Filipina terkait klaim Beijing di Laut China Selatan. (mus)

Mobil listrik bZ3C

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Toyota meluncurkan dua mobil listrik terbarunya, yakni Toyota bZ3C dan Toyota bZ3X. Saudara dari mobil listrik bZ4X tersebut diluncurkan pada ajang Beijing Auto Show 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024