Turki Larang Parade Gay Pride

Komunitas LGBT/Ilustrasi.
Sumber :
  • REUTERS/ Ranu Abhelakh

VIVA.co.id – Pemerintah Turki menyatakan akan melarang seluruh pelaksanaan Gay Pride Parade di Istanbul. Sedianya acara tersebut akan diadakan pada bulan ini.

Bersikap Pro LGBT, Unilever Indonesia: Kami Dukung Keberagaman

Menurut pemerintah Turki, pelarangan dilakukan atas alasan perlindungan keamanan dan permintaan publik. Pelarangan ini berarti, siapa pun yang memaksa untuk tetap melakukan acara ini akan berhadapan dengan pihak keamanan.

Diberitakan oleh BBC, Sabtu, 18 Juni 2016, pihak penyelenggara mengatakan, pelarangan tersebut sebagai sebuah kejahatan melawan hukum dan konstitusi. Menurut mereka, pihak berwenang gagal melindungi hak warga negara untuk mengekspresikan hak mereka. Penyelenggara juga mengatakan akan melakukan langkah hukum atas pelarangan ini.

Dukung LGBT, Produk Unilever Terancam Diboikot Netizen Indonesia

Keamanan di Istanbul semakin diperketat akibat banyaknya serangan bom yang dilakukan oleh kelompok militan ISIS dan militan Kurdi. Awal pekan lalu, sebuah kelompok ultra nasionalis, The Alperen Hearths menyebut rencana Gay Pride Parade itu sebagai parade imoral dan berjanji akan melakukan apa pun untuk menghentikan parade tersebut.

Akhir tahun lalu, polisi Turki menembakkan gas air mata dan water cannon saat perayaan Gay Pride Parade. Menurut penyelenggara, izin untuk melakukan acara tersebut ditolak dengan alasan bertepatan dengan masuknya bulan suci Ramadan. Sekitar 12 perayaan yang terkait dengan LGBT pernah diadakan di Istanbul. Perayaan bisa terus berjalan meski ada sedikit kesulitan.

Soal LGBT, Ini Kata Unilever Indonesia

Di Turki, homoseksualitas dianggap perbuatan yang ilegal. Namun sejumlah analisis mengatakan ketakutan pada kelompok homo terus meluas.

Loki.

Terungkap, Karakter Loki Ternyata Seorang Biseksual

Loki menjadi karakter biseksual pertama MCU. Seksualitasnya terungkap di serial Loki episode 3 yang tayang di Disney+ Hotstar.

img_title
VIVA.co.id
24 Juni 2021